DISDIK UPAYAKAN UNBK MANDIRI TAHUN 2018 DI KABUPATEN BLORA

Bupati Blora Didampingi Ka Disdik Blora Meninjau Pelaksanaan UNBK 2017
Blora,- Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabuapten Blora tingkat SMP/MTs. dilaksanakan sejak Selasa 02 Mei hingga Senin 08 Mei 2017. Bupati Blora didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Drs. Achmad Wardoyo M.Pd melaksanakan pemantauan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs sederajat di SMP Negeri 1 Jepon, dan SMP Negeri 4 Blora serta SMP Negeri 1 Bogorejo yang menginduk di SMK Negeri 2 Blora, Kamis (04/05/2016).

“Anak-anak ku, semangat ya. Semoga semuanya sukses,” ucap Bupati, dan dijawab Aamiin oleh peserta UNBK serempak.

Sebelum waktu pelaksananan UNBK mulai Kokok panggilan akrab Djoko Nugroho Bupati Blora berpesan agar siswa mengerjakan dengan teliti. Bupati Blora juga memastikan kelancaran server agar nantinya bisa mempermudah akses komputer yang digunakan untuk UNBK.

“Kasihan kalau rumahnya jauh seperti dari Bogorejo ini harus terburu-buru berangkat pagi ke SMKN 2 Blora untuk mengikuti UNBK, hanya karena sekolahnya belum mempunyai komputer. Tahun depan kita berikan bantuan komputer untuk sekolah-sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK secara mandiri,” ucap Bupati disampaikan kepada Kepala Dindik Blora Drs. Achmad Wardoyo M.Pd.

Hanya saja Bupati Blora Djoko Nugroho menekankan bantuan alat komputer itu nanti tidak serta merta diberikan begitu saja. Sifatnya sebagai stimulan, sehingga akan ada keterlibatan pengurus Komite Sekolah setempat untuk bisa bersama-sama mengusahakan komputer untuk anak didik.

“Pemkab Blora memberikan bantuan stimulan, Komite Sekolah ikut membantu juga. Setiap karnaval 17-an, orang tua keluar uang banyak untuk merias anaknya tidak mengeluh, apalagi ini untuk kesuksesan ujian anaknya. Pasti Komite dapat  memahami. Dengan demikian muncul rasa saling memiliki, handarbeni. Sehingga harus dirawat sebaik-baiknya. Coba Pak Kadis diidentifikasi berapa kebutuhannya. Kita mulai anggarkan di perubahan APBD nanti secara bertahap,” tegas Djoko Nugroho.

Kepala Disdik Blora Drs. Achmad Wardoyo M.Pd menyatakan bahwa Kabupaten Blora merupakan Kabupaten yang paling siap melaksanakan ujian jika dibandingkan dengan Kabupaten lainnya se-Jawa Tengah.

“Jika dibandingkan dengan Kabupaten lain di Jawa Tengah, memang Kabupaten Blora yang paling siap. Namun jika dibandingkan dengan Kabupaten/Kota se-Jateng, kita hanya kalah dengan Kotamadya Semarang. Alhamdulillah sebanyak 13.106 orang  siswa SMP/MTs se-Kabupaten Blora bisa mengikuti UNBK walaupun sebagian ada yang masih menginduk di sekolah lain karena keterbatasan unit komputer,” ungkap  Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Blora.

Menurutnya, dari total 135 Sekolah SMP/MTs se-Kabupaten Blora, yang menggelar UNBK secara mandiri sebanyak 77 Sekolah dan ada 58 Sekolah melaksanakan UNBK menginduk atau menggunakan komputer di SMP/MTs/SMA/SMK/MA lainnya di Kabupaten Blora.

Achmad Wardoyo menjelaskan bahwa tahun 2017 ini pihaknya menganggarkan pengadaan komputer sebanyak 1000 unit dengan pagu sekitar Rp 4 miliar yang akan disalurkan ke sekolah-sekolah.


“Semantara di 2017 ini ada pengadaan 1000 unit. Namun itu belum bisa mencukupi seluruh kebutuhan sekolah. Akan kita petakan lagi kebutuhannya agar bisa terwujud UNBK mandiri di 2018,” jelasnya. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »