POSKAMLING DESA TUTUP WAKILI DINILAI TIM PENILAI LOMBA POS KAMLING TINGKAT POLDA JATENG

Pos Kampling Desa Tutup Kecamatan Tunjungan Ikut Lomba Tingkat Polda Jateng
Blora,- Kegiatan aktifitas masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan (Kamling) dan ditunjang dengan sarana bangunan Pos Kamling di Desa Tutup Kecamatan Tunjungan, dapat mewakili Kabupaten Blora dalam lomba Pos Kamling di tingkat Polda Jateng. Selasa (16/05/2017).

Lomba pos Kamling yang digelar Polda Jateng bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun ini, sebagai wujud penilaian terhadap peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggalnya.  Desa Tutup dalam hal ini ditunjuk untuk mewakili Blora dalam penilaian Pos Kamling se-Jawa Tengah.

Tim penilai gabungan Pemprov Jateng dan Polda Jateng, hari Senin 15 Mei 2017 sekitar pukul 19.30 WIB datang dan melakukan penilaian di Pos Kamling Desa Tutup, Kecamatan Tujungan, Kabupaten Blora.

Poskamling yang dulunya tempat berkumpulnnya petugas jaga, kini fungsinya bertambah menjadi sarana curhat dan tempat beramah-tamah (jagongan=jawa) antar warga. Pasalnya, Pos Kamling yang dibangun di sudut-sudut desa ini, sangat membantu meningkatkan kemanan, kenyamanan dan ketertiban desa serta menjadi tempat penyelesaian masalah pertikaian antar warga secara kekeluargaan kata Kepala Desa Tutup.

Menurut Suradi (40th) warga Desa Tutup yang ditemui di Pos Kamling mengaku pos kamling tidak hanya sebagai pos kemanan lingkungan Desanya. Tetapi juga sebagai tempat berkumpul warga untuk mengutarakan curhat jika ada masalah di lingkungan maupun di tingkat rumah tangganya sekedar konsultasi.

"Pos kamling ini tidak hanya untuk menjaga keamanan akan tetapi jika ada warga yang pikiran dan hatinya gundah serta gelisah atau bahkan ada bermasalah di lingkungan maupun di rumah tangganya sering dibawa ke pos kamling ini berkumpul sama teman-teman mendapatkan saran dan masukan akhirnya bisa terobati dan terselesaikan," jelasnya.

Tim penilai yang diketuai AKBP Parasian Herman Gultom S.I.K, M.si, didampingi Kompol Sugiyanto, S.H dari Direktorat Binmas Polda Jateng dan Budiyanto dari Bankesbanpol Pemerintah Provinsi Jateng menjelaskan kriteria penilaian pos Kamling diantaranya, meliputi sarana prasarana keamanan seperti buku mutasi dan buku tamu, personel, anggaran, kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling), dan peragaan peralatan siskampling yakni tongkat T, Borgol dan Senter.

AKBP Parasian Herman Gultom disela-sela menilai Pos Kamling Desa Tutup menerangkan semua yang ada di Pos Kamling tampaknya sudah lengkap hanya kurang HT. Kemungkinan karena sudah banyak Handphone jadi tidak perlu. Pos juga dilengkapi peta desa atau peta daerah rawan di Desa Tutup ini,

“Saya menilai pos kamling ini bisa dan patut untuk masuk nominasi juara," pungkas AKBP Parasian Herman Gultom S.I.K, M.si.


Pantauan seputarxfmblora.com Tim penilai dari Polda Jateng tampak serius menilai dan mengamati peragaan siskamling yang di peragakan oleh warga Desa Tutup. Harapan masyarakat Desa Tutup semoga dalam lomba Pos Kamling Tingkat Polda ini mampu mendapatkan penilaian yang terbaik dan memperoleh juara. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

IPHI Jiken Diminta Bisa Berinovasi dalam Berbagai Bidang

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora H. Arief Rohman, berharap Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Jiken dapat ikut serta m...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »