SAT SHABARA RES BLORA KAWAL PENDISTRIBUSIAN NASKAH UJIAN TINGKAT SD/MI

Anggota Polres Blora Mengawal Pendistribusian Soal UAN SD/MI Tahun 2017
Blora,- Satuan Shabara Kepolisian Resor (Polres) Blora mengawal distribusi soal Ujian Akhir Nasional (UAN) tingkat SD/MI. Soal ujian untuk pelajar kelas 6 yang semula disimpan di ruang gedung aula Dindik Kabupaten Blora dan hari ini Minggu, 14 Mei 2017 sudah mulai di distribusikan dan di pindahkan penyimpanannya ke 16 kantor UPTD seluruh Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Blora.

Proses pendistribusi soal ini kerjasama antara Dinas Pendidikan dengan Polres Blora. Dinas Pendidikan merupakan pemilik soal ujian bagi pelajar SD/MI. Sementara aparat kepolisian bertugas melakukan pengawalan dan pengamanan distribusi soal pada sebelum dan sesudah UAN diselenggarakan pada Senin 15 Mei 2017.

Kapolres Blora AKBP Surisman SIK MH melalui Kasat Shabara Polres Blora AKP Siswanto, menjelaskan aparat Kepolisian diperintahkan oleh negara untuk turut serta membantu pengamanan distribusi soal UAN agar aman dari aksi tangan jahil, status soal UAN merupakan lembaran yang bersifat rahasia negara atau disebut dokumen negara. Sehingga tidak boleh siapapun membuka dan melihat apalagi membocorkan isinya sebelum UAN masing-masing bidang studi pelajaran dilaksanakan.

“Baik panitia ujian maupun guru di sekolah yang menyelenggarakan UAN tidak memboleh membocorkan isi soal. Tiap soal dikemas dalam kertas bersegel. Apabila membuka segel tanpa ijin termasuk pelanggaran,” jelas Kasat Shabara.

Demi menjaga keamanan soal itu, selama dalam perjalanan proses pengiriman dari tingkat Kabupaten ke Kecamatan mendapat pengawalan dari anggota Kepolisian. Sesampainya dokumen negara tersebut di kantor UPTD Kecamatan yang dituju, seluruh soal ujian akan disimpan di ruangan khusus yang terkunci rapat dan dijaga oleh personil Polsek setempat dan penjaga dari pihak UPTD.

“Biasanya soal disimpan dalam ruangan yang dirahasiakan. Kunci gembok dipegang aparat dan panitia. Pola pengamanan sengaja dibikin ketat agar tidak terjadi kecoboran soal sehingga membikin geger dunia pendidikan di Kabupaten Blora,” tegas AKP Siswanto.

Pengamanan berlapis ini tidak hanya berlaku bagi UAN tingkat SD/MI. Sebelum adanya system ujian berbasis komputer untuk tingkat SMA dan SMP, pendistribusian  soal UAN bagi kalangan SMP dan SMA juga sama ketatnya.

“Alhamdulillah distribusi soal UAN tingkat SD atau MI hari ini berlangsung aman serta lancar. Semoga besok ketika sudah dimulai Ujian tingkat SD dan MI tidak ada problem di lapangan,” harap Kasat Shabara Polres Blora.

Hal ini Dilakukan dalam rangka menjaga keamanan dan terjaganya kerahasiaan naskah ujian tersebut yang mana naskah ujian tersebut nantinya supaya petugas tidak ada yang kecolongan seperti di daerah lain.


“Kami sudah melakukan kordinasi dengan pihak Polsek dan UPTD Kecamatan se-Kabupaten Blora, untuk mempersiapkan tempat khusus guna mengamankan naskah ujian. Pengamanan juga sudah melekat di personil Polsek masing-masing yang ditugaskan untuk melakukan pengamanan naskah ujian SD,” pungkas AKP Siswanto. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »