BUPATI PASTIKAN PELAKSANAAN UN SD/MI 2017 BERJALAN LANCAR

Pelaksanaan UAN Tingkat SD/MI Tahun 2017
Blora,- Bupati Blora Djoko Nugroho didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) melakukan monitoring pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SD/MI. Bupati Blora  ingin memastikan pelaksanaan UN di tingkat SD/MI Senin 15 Mei 2017 bisa berjalan lancar tanpa adanya kendala. (15/05/2017)

Monitoring dilaksanakan di sekolah dasar negeri dan swasta, diantaranya SDN 2 Tegalgunung dan SD Islam Baitunnur. Setibanya di sekolah tersebut, Bupati Blora  berkoordinasi dengan guru SD setempat dan dewan pengawas UN.

Ia menanyakan kesiapan UN hari pertama kepada panitia penyelenggara yang ada di sekolah serta memantau pelaksanaan UN dari luar ruangan ujian.

“Alhamdulillah, ternyata UN bisa berlangsung mulai hari ini dengan baik dan lancar. Saya berpesan agar guru-guru dan pengawas UN untuk tetap mengutamakan kejujuran, karena kejujuran itu mahal harganya. Selain itu jika di tengah perjalanan UN ada kendala, harap segera dipecahkan bersama, berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan agar bisa teratasi,” ucap Bupati.

Menurutnya, meskipun pesertanya paling banyak, pelaksanaan UN tingkat SD ini hambatannya lebih kecil jika dibandingkan dengan UN tingkat SMP sederajat maupun UN tingkat SMA sederajat. Pasalnya pelaksanaan UN tingkat SD ini masih dilaksanakan dengan berbasis tulis atau kertas, sedangkan SMP-SMA sudah berbasis komputer.

“Meskipun hambatan teknisnya lebih kecil, namun potensi menconteknya lebih besar karena masih berbasis kertas. Disinilah peran pengawas harus benar-benar dilakukan, sehingga anak-anak bisa mengerjakan soal dengan jujur sesuai kemampuan masing-masing. Kejujuran itu harganya lebih mahal daripada sekedar nilai akademik,” pungkas Bupati.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Blora Drs. Achmad Wardoyo M.Pd menjelaskan bahwa pelaksanaan UN SD akan dilangsungkan selama 3 hari mulai hari Senin 15 Mei 2017) hingga Rabu 17 Mei 2017.

“Tahun ini UN tingkat SD MI diikuti oleh siswa sebanyak 13ribu 28 siswa yang tersebar di 662 SD/MI se-Kabupaten Blora. Semua soal sudah didistribusikan ke masing-masing kantor UPTD TK/SD yang ada di Kecamatan pada hari Minggu 14 Mei 2017 kemarin. Semoga berjalan lancar,” jelas Wardoyo.

Sementara itu, Kasi Pembinaan SD Teguh Imam Santoso menambahkan kalau UN SD tidak semuanya dilaksanakan secara mandiri. Ada empat sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang bergabung atau menginduk di sekolah lain, dengan alasan belum terakreditasi.


“Sekolah MI yang menggabung akan ikut di MIN Plosorejo Kecamatan Banjarejo Blora, yakni MI Sunan Ampel Kunduran, MI Mathaliul Huda Sonorejo Blora, MI Al Ihsan Japah dan MI Al Mislimiah Randublatung. Dengan demikian ada 658 sekolah yang menyelenggarakan UN mandiri,” pungkasnya. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »