GELAR FESTIVAL SENI BARONGAN GAPRAK

Festival Barongan Gaprak Di Blok T
Blora,- Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora bersama Komunitas Seni Budaya (KSB) Blora menyelenggarakan gelar seni pertunjukan rakyat (Gesper) Festival Barongan Gaprak di panggung hiburan Blok T Blora, Sabtu (20/05/2017). Kegiatan itu dihelat bertepatan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Soekartono, SE, MM mewakili Kepala Dinporabudpar Drs. Kunto Aji dalam sambutannya menyampaikan apresiasi  kepada KSB yang telah melaksanakan kegiatan Barongan Gaprak untuk pertama kali.

“Kegiatan Festival Barongan Gaprak baru pertama kali diadakan, dan semoga bisa menjadi agenda tahunan sebelum bulan Ramadhan 2017 datang,” ujar Soekartono.

Kegiatan itu, menurut Soekartono, diharapkan bisa menggugah animo para generasi muda untuk memahami dan mengetahui bahwa barongan gaprak merupakan warisan jaman dulu yang perlu dilestarikan.

“Sehingga dapat menambah wawasan budaya dan jumlah seni budaya yang ada di Kabupaten Blora,” jelasnya.

Masih menurut Soekartono,  jumlah paguyuban seni barongan yang terdaftar di  Dinporabudpar Kabupaten Blora sebanyak 205 grup.  

Kemudian seni karawitan sebanyak 116 grup, seni tayub 43 grup, seni Hadroh 358 grup, tembang kenangan 54 grup, orkes melayu 198 grup, sanggar seni 34 grup dan pedalangan 11 grup.   

“Kami berharap agar grup-grup ini bisa eksis seluruhnya dan kami doakan masih eksis semua. Tidak hanya sekedar nama belaka,” tandasnya.

Ia juga berharap supaya grup-grup itu bisa tampil di panggung hiburan yang ada  didalam dan diluar Kabupaten Blora. Sehingga nama Kabupaten Blora menjadi terangkat melalui potensi seni budaya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia, Edy Kholbu dalam laporannya antara lain menyampaikan Gesper Festival Barongan Gaprak diikuti oleh 13 perwakilan kelompok seni barongan dari 16 Kecamatan se-Kabupaten Blora. Hanya saja, dua diantara peserta batal mengikuti Festival. 

“Kami berharap bisa menjadi agenda tahunan dengan memperebutkan piala bergilir,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, acara Gesper Festival Barongan Gaprak Blora didukung oleh Dinporabudpar, Bappeda, Dindagkop dan UMKM, dan sejumlah pihak sponsor lainnya.

“Acara diawali dengan pentas seni anak-anak dari Sanggar Tari Surosentiko Blora,” ujarnya.

Berdasarkan penilaian dan keputusan dewan juri, dari 11 peserta Festival Barongan Gaprak yang meraih juara favourit nomor peserta 04 dari grup seni barongan Singo Lodra pimpinan Widodo, Dukuh Padas RT 001 RW 002 Kecamatan Todanan.

Kemudian, Juara I nomor peserta 12 grup seni barongan Sardula Seta dari Desa Kamolan Kecamatan Blora. Juara II nomor peserta 02 grup seni barongan Harimo Kuncoro Desa Tutup Kecamatan Tunjungan. Juara III nomor peserta 08 grup seni barongan Sukmo Jaya dari Desa Jepangrejo Kecamatan Blora.


Penghargaan diberikan kepada pemenang pada Sabtu (20/05/2017) malam di tempat panggung yang sama, dirangkaikan dengan pentas seni pertunjukan lainnya.  (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »