TAMPIL MEMUKAU PENONTON, TARI BARONGAN DAN TARI JARANAN GARAPAN PKM UNNES DI BALAIDESA SESO

Tari Barongan Di Balaidesa Seso Garapan PKM Unnes Memukau Penonton
Blora,- Penampilan Tari Barongan dan Tari Jaranan di Balaidesa Seso, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora yang dimainkan oleh siswa SD Negeri Seso dan Warga Desa Seso setelah mengikuti pelatihan dari Mahasiswa Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dalam rangka Kegiatan Pengabdian Masyarakat  Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes), pada Sabtu malam (20/05/2017) berhasil memukau penonton warga desa Seso dan sekitarnya.

Acara yang dilangsungkan di Balaidesa Seso tersebut menjadi lebih meriah dengan aksi para pembarong beserta pasukan jaranan, bujangganong, joko lodra, untup, nayantaka dan mbok gaenah. Semua tokoh tari barongan Seso Blora dan tari jaranan itu tampil atraktif, menari bergantian sesuai garapan.

Musik gamelan pengiring barongan yang rancak dan bertempo cepat, seolah menandakan semangat seni barong yang bergelora. Beda dengan sajian tari-tarian yang lain, meski penampilan diawali dengan tari Candik dan tari Denok garapan Mahasiswa Unnes tersebut, penonton tetap antusias untuk menunggu penampilan Tari Barongan dan Tari Jaranan.

Salah satu penonton warga Desa Seso Indah Yuni (35th) merasa gembira dan senang mendapatkan hiburan gratis, dari Mahasiswa Unnes. Katanya tepuk tangan dari penonton pun tanpa jeda, bahkan sesekali ada teriakan dari penonton yang kagum melihat aksi tari barongan dan tari jaranan.

“Baru kali ini saya nonton tari barongan dan tari jaranan, musiknya beda banget, lebih semangat. Semakin keras musiknya, gerakan penarinya semakin cekatan. Ini tarian yang menguras tenaga, padahal pemainnya ada yang perempuan,” ungkapnya.

Ketua PKM Pengabdian Masyarakat Unnes Rahmatika Rizki Utami menjelaskan mahasiswa dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat, termasuk penampilan dari warga Seso pun tampil sangat meriah, tujuannya untuk melestarikan budaya dan mengembangkan kesenian lokal Desa Seso Kecamatan Jepon.

“Kami dan teman-teman berempat yakni bersama Nurlaili Irias Putri, Ridwan Arif Rosidi dan Jesie Krismon Ferinanda, semua mahasiswa Unnes, bermitra dengan Pemerintah Desa Seso untuk mengembangkan kesenian,” ungkap Rahmatika Rizki Utami.

Tambahnya, penampilan tari barongan dan tari jaranan di Balaidesa Seso ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Seso atas bantuannya, termasuk warga Desa Seso yang mengijinkan anak-anaknya untuk berlatih tari.

“Ternyata warga Desa Seso kelihatan antusias sekali dalam menyaksikan hiburan aneka tarian hasil garapan mahasiswa Unnes,” tandas Rahmatika Rizki Utami dalam prakata sambutannya.   

Sementara itu, Kepala Desa Seso Ngatmin dalam sambutannya merasa terbantu dengan adanya kegiatan PKM Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Unnes di desa Seso ini, sehingga warganya mengerti dan bisa menari.

“Kami bangga ternyata warga Desa Seso berkat pelatihan menari dari Mahasiswa Unnes, bisa tampil dimalam hari ini,” jelas Ngatmin.

Meski demikian Kepala Desa mengakui dan mengatakan bahwa di Desa Seso ini juga ada tokoh seni barongan yang sudah cukup lama mengembangkan kesenian barongan, atas bantuan Mahasiswa Unnes Desa Seso keseniannya berkembang lagi.


“Semoga kedepan mitra Unnes ini tetap berjalan, dan mahasiswa yang masih kuliah cepat lulus, agar segera bekerja bersama masyarakat dalam mengembangkan keseniannya,” pungkasnya. (adi sanrico)   
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Wakil Ketua DPRD Blora Hadiri Temu Petani Tebu Blora dengan Pendiri Pabrik Gula Rembang

BLORA — Dalam acara temu kangen, seorang pengusaha Kamajaya yang dulu membidani Pabrik Gula (PG) Blora bertemu dan berdialog de...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »