PANGDAM INGATKAN PRAJURIT BERTUGAS DI PAPUA UNTUK LEBIH DEKAT DENGAN RAKYAT

Dansatgas Pamtas RI-PNG  Letkol Inf Heri Amrulloh (Danyonif 410/Alugoro) jabat tangan dengan Kasdam XII/Cendrawasih
Blora,- Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Herman Asaribab memimpin acara pelepasan dan penerimaan Satgas Pamtas Kosektor Utara wilayah Kolakops Komando Resort Militer 172/Praja Wira Yakthi (Korem 172/PWY), bertempat dilapangan upacara Makodam XVII/Cenderawasih, Senin (15/05/2017).

Satgas Pamtas yang usai purna tugas di bumi Cenderawasih adalah Yonif 122/TS, Yonif 516/CY dan Yonif 700/Raider, sedangkan yang baru masuk dan yang menggantikannya adalah dari Yonif 410/Alugoro, Yonif Para Raider 432/WSJ dan Yonif Mek 512/QY.

Pangdam XVII/Cenderawasih selaku Pangkoops TNI Papua, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Herman Asaribab  menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada satgas yang telah purna tugas di Papua, atas dedikasi yang telah diberikan oleh para prajurit dalam melaksanakan tugas dengan baik.

"Terima kasih atas pelaksanaan tugas yang didasari dengan niat ikhlas dan tulus. Bahkan Satgas Pamtas Sektor Utara yang hanya beberapa bulan bertugas telah berhasil mendapatkan beberapa pucuk senjata rakitan dan amunisi di daerah perbatasan melalui pendekatan dan pembinaan teritorial yang baik," ungkap Pangdam XVII/Cenderawasih.

Pangdam XVII/Cenderawasih mengatakan ini adalah indikasi yang menunjukkan bahwa kalian telah melaksanakan tugas dengan baik untuk menjaga keamanan di daerah perbatasan. Para prajurit juga mampu berinteraksi dan mengadakan pendekatan serta komunikasi sosial yang baik dengan masyarakat, sehingga terwujudnya situasi keamanan yang kondusif dan dekat dengan masyarakat dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui karya baik berupa bakti maupun kegiatan-kegiatan teritorial yang telah dilakukan selama bertugas.

Pangdam juga mengingatkan agar dalam perjalanan kembali ke satuan induk, perhatikan kesehatan dan keamanan. Hindari hal-hal yang dapat merugikan satuan dan diri sendiri yang mungkin terjadi karena faktor kelalaian. Ingat keluarga saat ini tengah menunggu kehadiran kalian untuk berkumpul kembali, dan sampaikan salam hormat serta penghargaan saya kepada keluarga masing-masing.

Pangdam juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah dan Tokoh masyarakat serta pihak-pihak yang turut membantu kelancaran guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas selama ini dan diharapkan kerjasama yang  baik dapat diteruskan kepada setiap satuan yang melaksanakan tugas di daerah ini.

Sedangkan kepada Satgas yang baru masuk Pangdam menyampaikan beberapa penekanan yang harus dipedomani dalam pelaksanaan tugas di Bumi Cenderawasih, terutama Tujuh Perintah Harian Pangdam XVII/Cenderawasih harus benar-benar dapat diaktualisasikan oleh prajurit.

Disamping itu juga disampaikan tentang adat istiadat dan budaya masyarakat di Papua yang sangat beragam, sehingga menuntut kehati-hatian prajurit dalam bertindak di lapangan. Hindari tindakan-tindakan yang dapat melukai dan menyakiti hati rakyat.

Dekatkan diri kalian untuk manunggal bersama rakyat dengan tidak menghilangkan kewaspadaan sebagai prajurit yang profesional.

Selain itu, dalam pelaksanaan tugas di lapangan nanti, para prajurit harus mampu menerapkan prinsip-prinsip yang tertuang dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI, agar keberadaan kalian di daerah ini dapat diterima, dicintai dan didambakan oleh rakyat,” jelas Brigjen TNI Herman Asaribab. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »