MASIH SUASANA OPERASI PATUH, UNIT LANTAS POLSEK CEPU POLRES BLORA BERSAMA DISHUB CEK KELAIKAN BUS DI TERMINAL

Razia Kelaikan Bus AKAP Di Terminal Cepu
Blora,- Sejumlah kendaraan Bus Angkutan Penumpang Antar Kota Dan Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Cepu, dirazia dan diuji kelayakannya oleh Unit Lantas Polsek Cepu Kepolisian Resor (Polres) Blora, bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Blora. Kamis (18/05/2017).

“Pemeriksaan kita lakukan bersama Staff dan Kepala terminal Cepu secara transparan, terhadap seluruh angkutan penumpang umum yang beroperasi di terminal type A Cepu,” kata Kanit Lantas Cepu Iptu Les Pujianto mewakili Kapolsek Cepu AKP Slamet.

Berdasarkan pantauan seputarxfmblora.com, pemeriksaan kelaikan bus di terminal Cepu ini berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB, oleh Anggota Polsek Cepu dan Petugas Satlantas Polres Blora bersama Dinas Perhubungan Blora.

Kapolres Blora AKBP Surisman, S.I.K, M.H melalui Kapolsek Cepu AKP Slamet melalui  Kanit Lantas Cepu Iptu Les Pujianto bahwa  langkah ini untuk mengantisipasi dan menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya, serta memastikan kesiapan angkutan menjelang bulan suci Ramadhan 2017.

Dalam pemeriksaaan, petugas lalu meminta sopir menunjukkan surat-surat kendaraan. Setelah melihat kelengkapan kendaraan, petugas Unit Lantas Polsek Cepu dan Dishub Blora membuka mesin untuk mengecek kondisi mesin serta mencocokkan nomor mesin dengan surat kendaraan.

Lanjut Kanit Lantas Polsek Cepu, Selain mengecek kecocokan nomor mesin, petugas mengecek seluruh sistem penunjang kendaraan bus, seperti pengereman, lampu, klakson, wiper, slang-slang, pegas daun, dan karet penahan shock breaker. Semuanya dicek satu per satu tanpa ada yang dilewatkan.

Dari hasil pemeriksaan kelengkapan fisik dan surta menyurat kendaraan, sampai saat ini belum ditemukan kecacatan atau tidak layak jalan pada Bus angkutan umum antar provinsi maupun dalam kota.

“Jika ada Bus yang tidak layak jalan kita larang untuk berangkat, karena akan membahayakan penumpang. Bus yang tidak layak baru boleh berangkat, jika sudah memenuhi kelayakan jalan,” kata Kanit Lantas Polsek Cepu Iptu Les Pujianto.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Blora AKP Febriyani Aer, S.I.K mengatakan bahwa  kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Patuh Candi 2017. Pihaknya ingin memastikan semua bus aman untuk mengangkut penumpang baik antar kota dan antar provinsi.

"Pemeriksaan kendaraan ini untuk mengantisipasi angkutan yang berasal dari Blora-Jakarta atau Blora-Surabaya maupun sebaliknya, dan dari kota lainnya. Kita ingin semuanya safety, dan untuk megurangi musibah kecelakaan bus yang akhir-akhir ini marak terjadi," kata AKP Febriyani Aer kepada seputarxfmblora.com  di tempat yang berbeda.

Tambahnya, selain kendaraannya, sopir dan kernet bus yang akan berangkat beroperasi juga turut diperiksa kesehatannya. Jika kesehatannya tidak fit untuk jalan, kita minta ganti dengan sopir yang fit.

Disampaikan AKP Febriyani Aer, S.I.K, selain terminal pihaknya rencananya juga akan mendatangi perusahaan otobus (PO) di Kabupaten Blora, untuk meminta jaminan dari perusahaan tentang kelayakan kendaraan yang akan dioperasikan. Karena jika terjadi peristiwa kecelakaan di jalan, tidak hanya sopir melainkan juga pengusaha bus bisa dipidanakan.


“Kita akan menjelaskan soal kecelakaan bus kepada pengusaha bus, karena mereka dapat terancam pidana jika terjadi kecelakaan, yang diakibatkan membiarkan bus beroperasi dalam kondisi tidak layak,” tegas AKP Febriyani Aer. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »