UPACARA PERINGATAN HUT SATPAM KE-36 DI POLRES BLORA

Kapolres Blora AKBP Surisman SIK, MH
Membacakan Sambutan Kapolri
Blora,- Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke-36 di Kabupaten Blora di pusatkan di halaman Mapolres Blora, Kapolres Blora, AKBP Surisman, SIK bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam upacara tersebut. Upacara HUT Satpam kali ini juga dihadiri oleh para Pejabat Polres Blora, Kapolsek Jajaran, perwakilan pemakai jasa pengamanan dari berbagai instansi dan perusahaan. Sedangkan untuk pasukan upacara terdiri dari para Satpam dari berbagai instansi dan perusahaan, Sat Pol PP, Satuan Polisi Khusus hutan. (30/12/2016)
Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Blora, AKBP Surisman, SIK membacakan amanat Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian pada HUT Satpam ke-36. Dalam amanatnya Kapolri menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh personel Satpam dimanapun bertugas, atas dukungan dan partisipasi aktif dalam rangka memelihara keamanan di lingkungannya. Tak lupa Kapolri juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh personel Satuan Pengamanan. Melalui peringatan hari ulang tahun Satpam ini, Kapolri mengajak agar peringatan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap kinerja yang telah ditampilkan. Tentunya melalui perbaikan dan penyempurnaan terhadap pelaksanaan tugas, Kapolri berharap peran Satpam sebagai mitra Polri dalam penyelenggaraan pengamanan swakarsa dapat lebih optimal.
Kapolri juga mengungkapkan, memahami beratnya tugas dan tanggung jawab yang diemban, Polri menyadari tidak dapat bekerja sendiri. Polri memerlukan dukungan dan peran serta dari semua potensi keamanan termasuk Satpam sebagai bentuk pengamanan swakarsa yang berperan sebagai pengemban fungsi Kepolisian terbatas.
Dalam pelaksanaannya, Satpam diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif untuk mendukung upaya pemeliharaan Kamtibmas. Dukungan tersebut telah ditunjukkan dengan menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personal, informasi dan pengamanan teknis lainnya.
Dalam sambutan itu, Menurut Kapolri bahwa selama kurun waktu 36 tahun berkiprah, Satuan Pengamanan dinilai telah mampu menampilkan kinerja yang optimal dalam rangka membantu Polri. Dengan kewenangan Kepolisian terbatas yang dimiliki, para personel Satpam telah membantu dalam mengamankan para pelaku kejahatan, memberikan informasi terkait tindak pidana maupun gangguan kamtibmas lainnya serta melaksanakan patroli guna menjamin terciptanya rasa aman pada lingkungan kerjanya.
Kapolri juga memberi apresiasi terhadap berbagai upaya bersama yang telah dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan para personel Satpam. berbagai pelatihan dan simulasi telah diberikan kepada personel Satpam agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai dalam menghadapi perkembangan situasi kamtibmas. Adapun tema peringatan HUT Satpam tahun ini adalah :
”KITA TINGKATKAN KOMPETENSI PROFESI SATPAM INDONESIA DENGAN MELALUI PELATIHAN KOMPETENSI DALAM RANGKA PELAKSANAAN TUGAS SECARA PROFESIONAL, MODERN DAN TERPERCAYA (PROMOTER) GUNA MENCIPTAKAN STABILITAS KEAMANAN DAN KETERTIBAN DI LINGKUNGAN KERJANYA”. 
Upacara HUT Satpam Ke-36
Di Halaman Mapolres Blora
Kapolri yakin dan optimis, melalui upaya yang sinergis, simultan, dan berkesinambungan dari seluruh stakeholder industrial security dalam peningkatan kompetensi profesi Satpam.
Fokus perhatian lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah peningkatan hubungan komunikasi, koordinasi, dan kerja sama antara badan usaha jasa pengamanan dengan satuan kewilayahan Polri, maupun antara anggota satuan pengamanan dengan petugas kepolisian di lapangan.
Bentuk koordinasi dan kerjasama tersebut, dapat dilakukan dalam hal-hal yang bersifat taktis maupun teknis. Dengan demikian, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi terselenggaranya soliditas, profesionalitas, dan kinerja Satuan Pengamanan yang diharapkan masyarakat.
Diakhir amanatnya, ada beberapa hal yang disampaikan Kapolri kepada seluruh personel Satuan Pengamanan untuk dipedomani dan dilaksanakan, yaitu :
PERTAMA : Pelihara Dan Mantapkan Komitmen Moral Sebagai Salah Satu Pengemban Fungsi Kepolisian, Yang Memegang Teguh Kode Etik Dan Kehormatan Anggota Satpam;
KEDUA : Bersikap Tegas Dan Cermat Dalam Menjaga Keamanan Serta Menegakkan Ketertiban Di Lingkungan Kerja;
KETIGA : Selalu Waspada Dan Mampu Mendeteksi Adanya Potensi Gangguan Terhadap Proses Bisnis Organisasi;
KEEMPAT : Tingkatkan Komunikasi, Koordinasi Dan Kemitraan Dengan Polri Dan Instansi Terkait Di Lapangan;
KELIMA : Berinisiatif Untuk Pengembangan Kemampuan Teknik Dan Taktik Baik Kepolisian Terbatas Maupun Industrial Security.
Tak lupa Kapolri mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Komunitas Sekuriti, anggota Satpam, Pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan, Asosiasi di Bidang Pengamanan, serta seluruh stake holder terkait, atas dedikasi dan kerjasamanya dalam menumbuh kembangkan Satuan Pengamanan di Indonesia.
Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan peringatan ulang tahun Satpam ini, sehingga dapat berjalan tertib dan lancar sesuai yang diharapkan.

Kegiatan rangkaian acara dalam rangka Upcara HUT Satpam ke 36 di Mapolres Blora berakhir pada pukul 08.30 Wib dan berlangsung dengan khidmat. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »