BUPATI BLORA BUKA FESTIVAL SAMIN DI SAMBONGREJO

Pembukaan Festival Samin Oleh Bupati Blora Di Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong
Blora,- Bupati Blora H.Djoko Nugroho membuka acara Festival Samin di pendopo Kampung Sedulur Sikep (Samin) Dukuh Blimbing Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong. Acara yang baru pertama kali digelar tersebut merupakan hasil kerjasama komunitas sedulur sikep Blora dengan PP Paud Dikmas Jawa Tengah dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Blora sebagai ajang promosi potensi sedulur sikep Kabupaten Blora. (15/12/2016) “Saya kaget, lama tidak kesini ternyata sekarang banyak kemajuan. Sedulur sikep sudah bisa mengembangkan usaha jajanan, membatik, hingga berkesenian. Melalui festival ini semua ditampilkan. Semoga ini bisa menjadi acara tahunan yang bisa menarik wisatawan. Pemkab akan dukung penuh dengan memperbaiki akses jalan dan bantuan pengembangan UMKM,” ujar Bupati.
Menurutnya sedulur sikep (Samin) harus bisa maju dalam segala hal baik pendidikan, teknologi dan sosial budaya. Namun kemajuan tersebut tidak boleh meninggalkan tradisi budaya yang merupakan peninggalan leluhur. “Sedulur sikep harus maju, tapi jangan meninggalkan tradisi dan kebudayaan karena itu jatidiri kita,” lanjut Bupati
Memang dalam festival Samin tersebut, seluruh potensi sedulur sikep ditampilkan. Hasil-hasil pelatihan pemberdayaan masyarakat mulai kerajinan batik, sablon kaos, jajanan tradisional, hingga kesenian tari-tarian dipertunjukkan kepada para pengunjung. Terlebih diramaikan dengan adanya lomba mewarnai anak PAUD/TK se Kecamatan Sambong dan penampilan tim Drumblek Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. “Festival ini sebagai upaya promosi dan pelestarian budaya yang ada di sedulur sikep. Tidak hanya sedulur sikep Blimbing Sambongrejo saja. Ini juga hadir sedulur sikep dari Klopoduwur dan lainnya. Malam harinya dihelat sarasehan sedulur sikep dari seluruh Kabupaten Blora. Kami siap untuk terus melestarikan ajaran kebudayaan peninggalan leluhur,” ucap Pramugi Prawiro Wijoyo.
Hadir dalam acara tersebut Kepala PP PAUD Dikmas Jawa Tengah Ir. Jayeng Baskoro M.Pd. Kepala SKB Blora Nuril Huda, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Ahmad Wardoyo, Kepala Dintanbunakikan Kabupaten Blora Reni Miharti serta Forkopimcam Sambong. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »