LINMAS CABEAN TINGKATKAN KEMAMPUAN HADAPI GANGGUAN LINGKUNGAN

Babinsa Koramil Cepu Sertu Dasut Melatih Linmas Desa Cabean
Blora,- Sebanyak 28 orang anggota Linmas (Perlindungan Masyarakat) Desa Cabean Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, antosias mengikuti pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris). Kegiatan  berlangsung di halaman Balai Desa Cabean, (13/12/2016) Pada kegiatan tersebut selaku intruktur pelatih, Babinsa Koramil 05/Cepu Sertu Dasut dan Babinkamtibmas Polsek Cepu Bripka Edi, materi yang diberikan selain PBB (Peraturan Baris Berbaris) diberikan wawasan kebangsaan dan bela negara.
Danramil 05/Cepu, Kapten Inf. Ribut Agiyoko, SH mengatakan bahwa melakukan pembinaan di wilayah merupakan tugas dan tanggung jawab prajurit teritorial OMSP (Operasi Militer Selain Perang).
Adapun pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin dan kerja sama antar sesama anggota Linmas maupun dengan komponen masyarakat lainnya. Ditekankan kepada anggota Linmas agar mengimplementasikan apa yang didapat selama latihan dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga Linmas sebagai bagian masyarakat dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat Bela Negara. “Kalau bukan kita, terus siapa lagi yang akan membela dan mempertahankan keutuhan NKRI, “tegas Danramil.
Hadir juga Kepala Desa Cabean dan Sekretaris Kecamatan Cepu sebagai narasumber memberikan penyuluhan tentang peraturan desa dana alokasi pendukung Linmas sebagai sarana dan prasarana dan tugas Linmas di tengah masyarakat. Kepala Desa Cabean Samsul Hadi juga mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI Polri atas dukungan personelnya yang meluangkan waktu untuk melatih anggota Linmas Desa Cabean. "Dengan adanya pelatihan rutin satu bulan sekali diberikan pada Linmas akan lebih baik dan tidak ragu dalam tugasnya," ungkap Kades Cabean.
Linmas Menerima Pengarahan Wawasan Kebangsaan Dan Bela Negara Dan
Pengarahan Kanit Binmas Polsek Cepu Iptu Sujiharno
Sementara itu Kanit Binmas Kepolisian Sektor Cepu Resor Blora, Iptu Sujiharno yang juga menjadi narasumber pada Pelatihan Linmas, di Balai Desa Cabean tersebut menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk memberikan pelatihan dan pembekalan ilmu sesuai tugas pokok Linmas agar bisa diterapkan, terutama untuk mengantisipasi adanya ancaman yang sewaktu-waktu dapat saja terjadi di tengah lingkungan masyarakatnya. Melalui kegiatan ini, anggota Linmas diharapkan bisa meningkatkan hubungan kerjasama dengan Polri yang selama ini telah berjalan baik. Untuk selalu bekerjasama dalam menjaga Kamtibmas dan pengamanan setiap ada kegiatan masyarakat, di setiap wilayah Desa. “Satuan Linmas dapat menjadi pelopor dan penggerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Terutama untuk terwujudnya kerjasama yang sinergi antara Pemerintah Dearah dengan Instansi terkait TNI, Polri, dan Tokoh Masyarakat, RT/RW untuk membentuk kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayahnya,” tandas lptu Sujiharno.
Pelatihan diikuti sebanyak 28 personil anggota Linmas Desa Cabean itu, diselenggarakan selama satu hari. Pelatihan ini juga dimaksudkan untuk penyegaran dan menambah kemampuan, khususnya kepada Linmas dalam menjaga keamanan lingkungan. Diharapkan dengan pelatihan pelatihan baris-berbaris (PBB) dan pelatihan 12 gerakan pengaturan lalu lintas yang dilatihkan oleh Bhabinkamtibmas Desa Cabean bersama Bhabinsa Koramil Cepu sebagai bekal anggota Linmas Desa Cabean. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »