OPERASI CIPKON LALU LINTAS POLRES BLORA JARING PELANGGARAN KASAT MATA

Pengendara Roda Dua Melanggar Lalulintas
Pelanggaran Kasat Mata
Blora,- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Blora menggelar operasi cipta kondisi (Cipkon) menjelang Tahun Baru 2017. Operasi Cipkon didahului dengan apel di halaman Sat Lantas Polres Blora,  Kamis malam (30/12/2016).
Operasi Cipkon melibatkan Sat Gas Operasi Lilin Candi 2016 meliputi Satuan Shabara, Sat Reskrim, Sat Intel, Sat Lantas Dan Propam Polres Blora. Operasi Cipkon dipimpin Kabag Ops Polres Blora Kompol I Gede Arda SE. Operasi yang dilaksanakan di Jalan Ahmad Yani, Jalan Mr. Iskandar, Jalan Dr. Soetomo, Area Block T dan Seputaran alun-alun Kota Blora, hasilnya petugas mengamankan puluhan pengendara sepeda motor karena melanggar peraturan lalu lintas.
Kasat Lantas Polres Blora, Ajun Komisaris Polisi, Febriyani Aer SIK mengatakan, bahwa  operasi cipkon yang dilakukan kali ini, fokus terhadap penindakan terhadap kelengkapan pelanggaran kasat mata seperti, knalpot tidak sesuai standar meliputi kenalpot brong/kenalpot bising, pengemudi tidak menggunakan helm serta pelanggaran tematik seperti speck kendaraan roda diperkecil, roda dua yang tidak standart lainnya.
AKP Febriyani Aer menyatakan, kegiatan operasi cipkon ini sesuai instruksi Polda Jawa Tengah, maupun Kapolres Blora untuk meningkatkan pengawasan dan penindakan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. Hal ini karena banyak pengguna jalan, terutama roda dua yang melakukan pelanggran lalu lintas kasat mata tersebut. “Itu rawan sekali terjadi kecelakaan lalu lintas, karena saat berkendara tidak menggunakan helm, atau
Pengendara Roda Dua Melanggar Lalulintas
Tidak Menggunakan Helm
spesifikasi kendaraan tidak sesuai standart akan dapat mengganggu atau membahayakan pengendara. Dan itu memang penyebab utama kecalakaan,” jelas AKP Febriyani Aer kepada wartawan.
Lebih lanjut Kasat Lantas Blora menjelaskan, terjadinya kecelakaan lalu lintas, disebabkan karena adanya pelanggaran. Bukan hanya kelalaian manusia (human error), tetapi juga karena faktor kendaraan yang kurang prima. Karena itu pihaknya menghimbau masyarakat terutama di Kabupaten Blora untuk tertib berlalulintas.

Sementara itu sebagai pimpinan operasi Cipkon Kabag Ops Polres Blora Kompol I Gede Arda SE menegaskan bahwa tujuan akhir kegiatan ini yakni saat Tahun Baru 2017 nanti masyarakat sudah lebih tertib. Ia mengimbau masyarakat agar mematuhi aturan lalu lintas baik di saat siang maupun malam hari dalam keadaan ada dan tidak ada petugas. “Kami akan menurunkan sebanyak 200 personel untuk kegiatan perayaan malam tahun baru 2017 nanti dan bekerjasama dengan instansi terkait seperti TNI, Satpol PP, Dinas Kesehatan, BPBD, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Blora karena pengamanan pergantian malam tahun baru sangat rawan terjadi gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas. (adi sanrico)


Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »