KIRAB BUDAYA HARI JADI KOTA BLORA KE-267 SUKSES DAN MERIAH

Kapolres Blora Beserta Istri Ikuti Kirab Budaya Bersama Wakil Bupati Blora dan Ketua DPRD Blora
Blora,- Kirab Budaya pada puncak Hari Jadi Kabupaten  Blora ke-267 sukses digelar kemarin. Meskipun cuaca kurang bersahabat namun tidak menyurutkan antusiasme warga Blora dan sekitarnya menyaksikan kirab sampai selesai. (11/12/2016) Start dari pendopo rumah dinas Bupati Blora, sedangkan finish di Blok T Blora. Warga masyarakat dipersilahkan untuk menyaksikan di sepanjang jalan Pemuda hingga Blok T nama baru eks-terminal Blora.
Tata urutan kirab budaya tahun ini terbagi dua bentuk komposisi, yaitu paraga kirab dan pangombyong kirab.
Paraga kirab terdiri subo manggolo, tindih prajurit, pembawa bendera merah putih dan lambang daerah, Bupati Blora Djoko Nugroho beserta istri dengan pakaian Bupati tempo dulu diapit pembawa payung dan enam orang prajurit Bhayangkara menjadi pusat perhatian, di perjalanan kirab budaya tak jarang warga masyarakat berebut untuk bersalaman atau sekedar berfoto selfie dengan Bupati Blora. Lalu disusul Wakil Bupati Blora beserta istri. Kapolres Blora beserta istri, Forkompinda Blora beserta istri, dan anggota DPRD Blora.
Selanjutnya para pejabat di Sekeratriat Daerah dan Sekretariat Dewan Kabupaten  Blora. Dengan berjalan indah nan gemulai para petugas domas dengan busana kebaya khas jawa dengan iringan gamelan dibelakangnya kemudian puluhan para prajurit ala kerajaan zaman dulu mengikuti dibelakangnya, disusul gunungan lanang dan gunungan wadon.
Peserta berikutnya rombongan camat beserta istri dan muspika beserta istri, kemudian Komunitas Pemangku Adat (Sedulur Sikep).
Sebanyak 30 siswa SMP dan SMA sederajat menampilkan tari kreasi yang mengangkat potensi daerah dan cerita rakyat Blora. Tak ayal ini menjadi daya tarik ribuan penonton dari berbagai wilayah untuk datang ke pusat kota sate dengan ikon kota Barongan. Selama 3 menit masing-masing peserta menampilkan tari garapannya dihadapan para tamu undangan yang duduk di panggung kehormatan depan pintu gerbang Blok T.
Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, komunikasi dan Informatika Kabupaten  Blora, Slamet Pamuji mengatakan Hari Jadi Kabupaten  Blora merupakan pesta rakyat, berbagai acara hiburan digelar. “Ini semua untuk menghibur warga Blora dan siapa saja yang ingin menyaksikan kemeriahan Hari Jadi Blora,” katanya (adi sanrico) 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Rapat Paripurna Persetujuan Bersama Bupati Blora dengan DPRD Terhadap Rancangan Perda APBD 2024

BLORA —  Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora dalam rangka jawaban Bupati Blora atas pandangan ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »