HARI JADI KE-267 KIRAB PUSAKA KABUPATEN BLORA 2016 BERLANGSUNG KHIDMAT

Bupati Dan Wakil Bupati Blora
Ikuti Kirab Pusaka Kabupaten Blora
Blora,- Bupati Blora Djoko Nugroho dan Wakil Bupati Blora Arif Rohman mengikuti Kirab Pusaka Kabupaten pukul 24.00 WIB, Kamis (8/12/2016). Kirab Pusaka itu dilaksanakan rutin setiap tahun dalam menyambut peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora, 11 Desember.
Selama perjalanan, Bupati dan Wakil Bupati beserta paraga dan pangombyong kirab terlihat khidmat melakukan prosesi ritual itu.
Tidak ada pembicaraan selama perjalanan menempuh rute yang telah disepakati.  
Peserta memanjatkan doa Kepada Tuhan agar Kabupaten Blora diberikan keselamatan dan dijauhkan dari bencana untuk mewujudkan Blora yang sejahtera dan bermartabat.
Sebelum di kirab, pusaka Kabupaten, Keris Kyai Bismo, payung songsong agung kadipaten, tombak, serta keris lainnya telah dijamas terlebih dulu.
Kirab Pusaka diawali doa bersama di pendopo rumah dinas Bupati Blora. Kemudian penyerahan pusaka oleh Bupati kepada petugas pembawa.
Mewarnai Kirab Pusaka juga digelar pertunjukan wayang kulit dengan penampilan kolaborasi beberapa dalang anggota Pepadi Blora, di antaranya Dalang Mulyono, Sutarno dan Hartanto. Selain itu ada 15 pesinden yang menyemarakkan.
“Karena ada kirab pusaka, pertunjukan wayang dihentikan sementara, nanti setelah kirab pusaka selesai, dilanjutkan lagi. Memang, dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Blora ke 267, saya ingin menampilkan seni budaya dan karifan lokal Blora,” kata Bupati Djoko Nugroho di sela-sela acara limbukan.  
Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora Slamet Pamuji menjelaskan urutan peserta kirab pusaka yakni Paraga Kirab terdiri mobil Forariders Satlantas Polres Blora, Pembawa Obor (Camat Blora Kunto Aji), Cucuk lampah (Asisten I Setda Blora, Riyanto,S.Sos), Pusaka Kyai Bisma (Edi Harsono dari Paguyuban Tisan Aji Toya Padasan), Pusaka/piandel Blora lainnya (Paraga), Obor Tengah dan Obor Belakang (oleh petugas).
Kemudian Pangombyong Kirab Pusaka terdiri Anggota Permadani, Anggota Pepadi, Kadang Himpunan Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa (HPK) Blora, Warga Masyarakat Sedulur Sikep dan para pejabat/pimpinan SKPD khusus laki-laki.
Rute Kirab Pusaka, Start dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, ke kanan Jalan RA. Kartini -Jalan Dr. Sutomo - Jalan Gunung Sumbing - Jalan Pemuda – Jalan Arumdalu – Jalan Kolonel Sunandar – Jalan Nusantara – Jalan KH. Ahmad Dahlan – Jalan Abu Umar – Pendopo Kabupaten Blora melewati pintu depan.

Usai di kirab, pusaka kabupaten itu diserahkan kembali oleh petugas kepada Bupati, selanjutnya di simpan. (adi sanrico) 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Sejumlah Titik di Ruas Jalan Jepon-Bogorejo Blora Mulai Dibangun

  𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Sejumlah titik (enam titik) di ruas jalan Jepon-Karang-Bogorejo, yang merupakan jalan alternatif menuju wilayah J...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »