POLRES BLORA AMANKAN PROSESI KIRAB PUSAKA KABUPATEN BLORA

Rombongan Kirab Pusaka Hari Jadi Ke-267
Berjalan Di Depan Gapura Rumah Dinas Bupati Blora
Blora,- Sejumlah personel Polsek Blora Kota, personil Polres Blora dan Kodim 0721/Blora pada Kamis Malam Jumat dimulai sekira pukul 00.00 Wib melaksanakan pengamanan Kirab Pusaka dalam rangka menyambut rangkaian hari jadi Kabupaten Blora yang ke-267 di Pendopo alun-alun Kota Blora. (09/12/2016)
Sebagaimana tradisi yang sudah mengakar pada masyarakat Blora, Kirab Pusaka dan arak-arakan jajaran Furkopimda ini merupakan rangkaian acara yang cukup menjadi antusisme masyarakat. Bahkan, sampai tengah malam masyarakat dari berbagi wilayah Kabupaten Blora rela menunggu untuk menyaksikan prosesi yang digelar tiap tahunnya ini.
Pelaksanaan kirab dilakukan dengan mengarak Pusaka-pusaka yang ditempatkan di Pendopo alun-alun Kota Blora yang merupakan pusaka warisan leluhur. Dengan suasana yang sangat sakral dimana peserta Kirab melaksanakan Tapa Bisu (Tidak Berbicara) selama pelaksanaan Kirab yang menjadikan suasana hening dan hikmad.
Kirab Pusaka tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Blora H Djoko Nugrohobersama jajaran Forkopimda, SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), seluruh Camat dan Kepala Desa  yang ada di Kabupaten Blora turut berpartisipasi pada kegiatan tersebut.
Keris kyai Bismo adalah salah satu pusaka legenda yang terkenal di kalangan masyarakat Kabupaten Blora. Pusaka tersebut di arak diawali dari pendapo rumah dinas Bupati  Blora – Jln Pemuda – Jln Arumdalu dan berakhir kembali ke Pendopo Alun-alun Kota Blora.

Kompol I Gede Arda SE Sebagai Pengaman Terakhir
Bersama Anggota Kodim Blora Di Belakang Kirab Pusaka
Sementara itu, tak kurang dari 30 personel Polres Blora ditambah anggota TNI, Satpol PP dan Dishubkominfo diterjunkan untuk mengamankan berlangsungnya kegiatan tersebut. Saat ditemui Kabag Ops Polres Blora Kompol I Gede Arda SE di sela-sela kegiatan pengamanan tersebut, dirinya memastikan bahwa rangkaian peringatan hari Jadi kabupaten Blora hari ini berlangsung lancar dan kondusif. “Hari ini adalah salah satu dari berbagai kegiatan menuju puncak acara. Totalitas pengamanan kami dari Polres  Blora termasuk Kodim 0721 maupun instansi terkait untuk memastikan kegiatan berlangsung kondusif,” tegas Kompol I Gede Arda SE. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »