MENGISI LIBURAN ANAK SD TINGKATKAN SENI KARAWITAN

Anak-anak SD Purwosari Giat Berlatih Gamelan
Blora,- Untuk mengisi liburan akhir semerter tahun ini, Pemerintah Desa Purwosari Kecamatan Blora mengintensifkan latihan seni karawitan bagi siswa Sekolah Dasar (SD) selama liburan. Tujuannya selain melestarikan budaya Jawa dan mengisi waktu liburan, juga sebagai ajang untuk memupuk minat anak sejak dini. “Latihannya kami tambah waktunya dengan penambahan materi gendhing, sehingga ada beberapa gendhing yang sudah dipelajari oleh anak-anak, misalnya ricik-ricik dan lancaran lainnya,” kata Sulasim pembina karawitan didampingi Supriyadi pelatih karawitan Desa Purwosari, Kamis (29/12/2016).  
Dijelaskannya, menyambut malam pergantian tahun 2016-2017, karawitan para siswa SD itu akan dipentaskan bersama kesenian tradisioal lainnya di Balai Sarasehan Dukuh Bubak, Desa Purwosari. “Akan kami pentaskan di Balai Sarasehan Desa Purwosari menyambut tahun baru 2017 nanti, kami akan undang semua orang tua agar ikut menyaksikan. Agara mereka tau hasil pelatihan yang kami lakukan selama ini,” ujar Sulasim.
Menurut dia, anak-anak dari siswa SDN 2 Purwosari ini sangat antusias berlatih, hanya saja tempatnya masih sederhana, sehingga berharap pemerintah memperhatikan untuk bisa dibuatkan gedung serba guna yang lebih layak. “Mereka baru anak-anak SD kelas dua hingga kelas lima, daripada liburan pada bermain di sungai, jadi waktu latihan kami tambah, dua kali seminggu,” jelasnya.  

Sedangkan gamelan laras selendro yang dimiliki di desa Purwosari, menurut Sulasim, merupakan bantuan Pemkab Blora beberapa tahun lalu. “Harapannya, anak-anak ini menjadi generasi penerus pelestarian seni tradisional,” ujarnya. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »