BHABINKAMTIBMAS DAN BHABINSA TUNJUNGAN AWASI PEMBERIAN KARTU TANI

Pembagian Kartu Tani Di Desa Setrotaman Kecamatan Tunjungan
Blora,- Anggota Bhabinkamtibmas Kepolisian Sektor (Polsek) Tunjungan Polres Blora Bripka Ferry Antok bersama dengan Bhabinsa Koramil Tunjungan menghadiri sosialisasi sekaligus mengawasi pemberian kartu tani oleh Bank BRI unit Tunjungan yang bertempat di Kantor Desa Setrotaman Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora. (10/01/17). Kartu Tani, adalah kartu yang digunakan oleh petani untuk bisa membeli pupuk bersubsidi di toko pengecer sesuai dengan luas lahan yang dimiliki oleh petani. Kartu tani ini dikeluarkan oleh BRI yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kelautan Propinsi Jawa Tengah.
Untuk bisa mendapatkan kartu tani ini, petani harus membuka rekening tabungan simpedes di BRI.
Dan setiap petani yang ingin mendapatkan kartu tani harus menjadi anggota kelompok tani di desa masing masing. Bertempat di Kantor Desa Setrotaman, tim dari Balai Penyuluh Kecamatan (BPK) Kabupaten Blora dilaksanakan Sosialisasi Pendampingan dan Validasi Petani.
Tim BPK yang terdiri dari 3 orang PPL, Salah satu petugas Sungkono memberikan penjelasan bagaimana cara mendapatkan kartu tani dan apa kegunaan dari kartu tani ini bagi petani. Salah satu keuntungan dari kartu tani ini bagi petani adalah para petani bisa mendapatkan pupuk bersubsidi dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pembelian  yang tidak memiliki kartu tani. Disamping itu, pemerintah, dalam hal ini melalui dinas pertanian, mengajarkan petani untuk menabung di Bank dan menggunakan pupuk secara berimbang dan tidak berlebihan. Cara penggunaan kartu tani ini seperti menggunakan kartu debet atau kartu ATM. Kemudian petani akan mendapatkan pupuk bersubsidi sesuai dengan luas lahan yang dimiliki.. “Petani yang ingin membeli pupuk bersubsidi hanya perlu membawa kartu tani ke toko pengecer pupuk, dan di toko pengecer sudah tersedia alat untuk menggesek kartu tani tersebut,” jelas Tim BPK Sungkono.
Pembagian kartu tani oleh petugas Bank BRI berjalan aman dan tertib sampai akhir acara selesai. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »