RIBUAN LEBIH PEREMPUAN DI BLORA MEN-JANDA

Kantor Pengadilan Agama Kelas 1B Blora Jalan Jendral Sudirman Seso Kabupaten Blora
Blora,- Dari data angka Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Blora sebanyak 1.942 orang mengajukan telah cerai di Pengadilan Agama Blora pada tahun lalu.  Dari angka tersebut dalam satu tahun kemarin resmi cerai sebanyak 1.812 orang diputus PA Blora. Itulah perkara dari Januari hingga Desember 2016 kasus perceraian yang telah diputus perkaranya oleh Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Blora. (20/01/2017)
Panitra Muda Hukum di Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Blora Kastari SH. menerangkan bahwa ternyata kasus perceraian di Kabupaten Blora merupakan peringkat nomor tiga dari Kabupaten eks-karisidenan Pati yang terdiri dari 5 Kabupaten. Yakni kabupaten Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Blora. "Perkara yang diputus PA Blora ada sejumlah 1.812 perkara, dengan 90% kasus perceraian  rapak dan  10%  perkara pembagian harta, dan perkara lainnya," ungkap Kastari SH
Lebih lanjut, Kastari menyampaikan bahwa penyebab utama perceraian masih seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni faktor ekonomi disebut-sebut Kastari sebagai penyebab banyaknya perceraian di Kabupaten Blora. "Paling banyak memang faktor ekonomi. Separo kasus perceraian yang terjadi di Kabupaten ini disebabkan kurang harmonis dalam hubungan mereka dan faktor berikutnya yang paling banyak menyebabkan terjadinya adalah faktor ekonomi,” tandas Panitra Muda Hukum Kastari SH.
Menurutnya, Hampir 50%-nya perempuan yang mengajukan perceraian rapak dalam kasus perceraian di Kabupaten Blora sedangkan laki-laki jarang sekali. Sebenarnya kami pihak PA sangat menyayangkan mereka melakukan perceraian rapak, setiap sidang putusan di PA Blora hampir suaminya tidak datang. Sebenarnya semuanya sudah diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung no.1 tahun 2016 yakni tentang mediasi. Putusan tanpa mediasi cacat hukum. “Kebanyakan diblora sepihak keduanya tidak ada yang datang,” Pungkasnya. (luk/adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Sejumlah Titik di Ruas Jalan Jepon-Bogorejo Blora Mulai Dibangun

  𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Sejumlah titik (enam titik) di ruas jalan Jepon-Karang-Bogorejo, yang merupakan jalan alternatif menuju wilayah J...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »