Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP (Lahir Di Bone, 27 April 1968 ; Umur 48 Tahun) adalah Menteri Pertanian dalam Kabinet Kerja 2014–2019.


Mentan : Dorong Peningkatan Produksi Padi Di Kabupaten Blora

Dalam rangka mempercepat daerah untuk meningkatkan produksi pangan strategis khususnya padi di tahun 2017 sesuai target sehingga dapat mewujudkan kedaulatan pangan untuk kesejahteraan petani, Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja di Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora dengan melaksanakan panen padi sekaligus dilanjutkan dengan menggelar Rapat Koordinasi Pangan.
Target tanam periode Oktober 2016 – Maret 2017 di Kabupaten Blora seluas 74.008 ha. Sedangkan prediksi Panen Kabupaten Blora tahun 2017 seluas 116.347 ha. Pada hari ini (25/01/2017), diawal tahun 2017 Desa Pulo Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora akan panen padi seluas 650 ha, sedangkan hamparan padi yang siap di panen masih seluas ribuan hektar, sedangkan luas padi yang akan ditanam saat ini seluas 1 hektar.
Diharapkan target ini akan mendukung target panen dan tanam periode Oktober 2016 – Maret 2017 di Kabupaten Blora. Hasil Panen diharapkan dapat dibeli oleh Bulog.
Hadir dalam acara panen padi Gubernur Jawa Tengah, Pangdam IV Diponegoro, Bupati Blora, Anggota Komite II DPD RI, Dinas Provinsi, Dinas Pangan Kabupaten, Kepala Bulog Provinsi Jawa Tengah dan SubDrivenya Dinas BPS, Dinas PU dan Kelompok Tani Kabupaten Blora.
Untuk meningkatkan luas tambah tanam Kementerian Pertanian telah melaksanakan beberapa terobosan yaitu telah mendistribusikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa traktor dan rice transplanter kepada setiap kelompok tani, perbaikan jalur irigasi penyediaan teknologi citra lansat dan penerapan teknologi jarwo.
Selain itu, Kementerian Pertanian juga telah melakukan pengawalan dari serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) yang dapat memudahkan Tim Program Upaya Khusus untuk memantau lahan sawah yang digarap untuk dilakukan percepatan penggarapan. Tidak hanya itu, skema asuransi pertanian yang telah digulirkan Kementerian Pertanian denga PT. Asuransi Indonesia akan terus mendampingi usaha tani di Jawa Barat. Petani cukup hanya dengan membayar Rp.36.000,- dengan subsidi dari Pemerintah sebasar Rp.144.000,- maka petani yang gagal panen akan mendapatkan ganti rugi sebesar Rp.6.000.000,-
“Agar percepatan produksi pangan daerah dapat optimal maka petani, penyuluh, bulog, dan TNI harus terus bersinergi. Hal ini telah terbukti dengan pengalaman tahun 2016 dimana pencapaian produksi padi nasional melebihi dari target,” tegas Mentan.
Peran Penyuluh yang merupakan ujung tombak pembangunan pertanian mempunyai peranan penting dalam upaya meningkatkan produksi pangan baik pada saat persiapan pengolahan tanah dan juga pengawalan dalam pemilihan benih yaitu dengan melakukan pengawalah dan mengingatkan petani agar dapat membeli benih yang telah di lisensi Kementerian Pertanian sehingga petani tidak membeli benih asli tapi palsu. Dan dalam upaya pemasaran hasil pertanian ini merupakan tugas Bulog untuk serap gabah hasil panen petani dengan harga sesuai HPP yang dikeluarkan pemerintah sehingga petani tidak menjual ke tengkulak. Sedangkan TNI mempunyai peranan penting dalam segi pengamanan dan pengawalan program upaya khusus swasembada pangan.
Usai kegiatan panen dan tanam, Menteri Pertanian melaksanakan Rapat Koordinasi Pangan dengan Gubernur Jawa Tengah, Pangdam IV Diponegoro, Danrem se-Provinsi Jawa Tengah, Dandim se-Provinsi Jawa Tengah, Pj. Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah Dan DIY, Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi, Kepala Bulog Provinsi Jawa Tengah dan Subdirvenya, Kepala BPS dan Kepala Dinas PU. Tema yang diangkat dalam rapat tersebut adalah UPAYA KHUSUS PADI, JAGUNG DAN KEDELAI, WUJUDKAN KEDAULATAN PANGAN UNTUK KESEJAHTERAAN PETANI.
Dengan adanya kunjungan kerja ini diharapkan Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora dapat meningkatkan produksi pangan strategis khususnya padi sesuai target sehingga dapat mendukdung ketersediaan pangan nasional. (Kabag Subbagian Hubungan Masyarakat BPPSDMP Kementerian Pertanian – humassdm@gmail.com)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »