SAFETY RIDING MENCEGAH KECELAKAAN PARAH ANDA

Salah Satu Peserta Safety Riding Di Depan Gedung Sasana Bakti Blora Sedang Mencoba Rintangan Berkelok
Blora,- Kepala Satuan Lalu Lintas (Lantas) Kepolisian Resor (Polres) Blora tidak akan penah bosan untuk membantu Anda memahami betapa pentingnya berkendara motor  dengan aman (safety riding). Pasalnya, selain berguna bagi diri sendiri, safety riding juga mampu menimbulkan kenyamanan bagi pengguna jalan yang lain. Mengendarai sepeda motor memang sangat menyenangkan dan sangat menarik. Tapi, di satu sisi, mengendari motor juga penuh resiko. Nah, resiko tersebut bisa kita minimalisir atau bisa kita hindari jika kita memahami norma-norma berkendara yang baik. Dalam suasana Car Free Day (CFD) Di alun-alun Kota Blora, Satlantas Blora bekerja sama dengan astra menyelenggarakan kegiatan Safety Riding, pengendara sepeda motor mengendarai dengan melewati rintangan yang telah disusun didepan gedung sasana bakti Blora. (22/01/2017)
Kasat Lantas Polres Blora AKP Febriyani Aer SIK menjelaskan bahwa Kegiata Safety Riding ini mempunyai maksud untuk mewujudkan etika berlalu lintas dan budaya bangsa melalui upaya pembinaan, bimbingan dan pendidikan lalu lintas yang dilaksanakan secara berkesinambungan sebagai upaya pencerdasan di bidang lalu lintas khususnya yang berkaitan dengan Safety Riding. Safety Riding adalah perilaku berkendara yang secara ideal harus memiliki tingkat keamanan yang cukup bagi diri sendiri maupun orang lain. Hingga saat ini, sebagian orang bisa mengendarai sepeda motor, tapi tak semua orang memahamai cara mengendarai sepeda motor dengan baik, benar  dan memperhatikan sisi keamanannya, baik keamanan dan keselamatan bagi diri sendiri maupun bagi sesama pengguna jalan raya lainnya. Belakangan ini, karena banyaknya kecelakaan yang melibatkan para pengendara roda dua, akhirnya kembali mencuatkan kampanye untuk berkendara secara aman di jalanan dan juga pusat pelatihan safety riding, terbukti sangat bermanfaat bagi banyak orang.
Suasana Safety Riding Di Depan Gedung Sasana Bakti Blora Dalam Suasana CFD Alun2 Kota Blora
Materinya meliputi  Slalom, melalui jalan titian, melewati jalanan bergelombang, latihan melewati rintangan bergelombang, pelatihan pengereman, cek kondisi sepeda motor dan periksa kondisi tubuh pengendara. “Kegiatan Safety Riding ini antara lain untuk menumbuhkan sikap disiplin berlalu lintas dalam kehidupan sehari hari, memberikan pengetahuan tentang apa itu Safety Riding,” ungkap AKP Febriyani Aer.
Lanjut Kasat Lantas Blora, Semua lapisan masyarakat  Blora yang mau berpartisipasi dalam kegiatan ini khususnya yang sedang ikut kegiatan car free day. Karena kegiatan ini dilaksanakan pada saat hari minggu di jam car free day di alun-alun kota Blora. Kami mengajak masyarakat Kabupaten Blora untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Safety Riding ini untuk menambah pengetahuan di bidang lalu lintas khusunya dalam berkendaraan di jalan raya.
Tambah AKP Febriyani Aer, Pengendara hendaknya selalu gunakan Safety Gear, yakni perlengkapan keselamatan seperti helm standar SNI, kacamata (eye protection), sarung tangan, jaket, celana panjang, dan segalanya yang bisa sedikit banyak melindungi Anda dari cidera parah saat terjadi kecelakaan. Disamping itu, perlu Asuransikan motor dan diri Anda, agar Berkendara dengan cara yang pintar, Gunakan lampu utama depan Anda, Selalu utamakan keselamatan, Jaga jarak dengan kendaraan lain, Jauhi minuman beralkohol ketika mengendarai motor, dan ingat Selalu cek kondisi motor, Belajar Safety Riding untuk berbagi dengan pengendara lain. “Melalui kegiatan Safety Riding ini dapat menambah pengetahuan  masyarakat Kabupaten Blora dalam berkendaraan di jalan raya dengan aman dan nyaman kemudian dapat menumbuhkan kesadaran untuk tertib dalam berlalu lintas di jalan raya, tidak ada lagi niat untuk sekedar bermain-main dengan maut di jalan karena mengabaikan dan meremehkan tata tertib lalu lintas,” Tegas Kasat Lantas Blora AKP Febriyani Aer SIK. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Sejumlah Titik di Ruas Jalan Jepon-Bogorejo Blora Mulai Dibangun

  𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Sejumlah titik (enam titik) di ruas jalan Jepon-Karang-Bogorejo, yang merupakan jalan alternatif menuju wilayah J...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »