BUPATI BLORA KUKUHKAN TIM SABER PUNGLI KABUPATEN BLORA

Pengukuhan Tim Saber Pungli Kabupaten Blora Di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora Oleh Djoko Nugroho
Blora,- Menindak lanjuti Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), Bupati Blora H. Djoko Nugroho mengukuhkan Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kabupaten Blora yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Blora (25/01/17). Pengukuhan Tim Saber Pungli yang berlangsung tersebut dihadiri juga oleh para komposisi dan personalia tugas tim saber pungli, jajaran Furkopimda Blora, SKPD, Jajaran Kepolisian, TNI, Kejaksaan Negeri Blora, Pengadilan Negeri Blora, Dinas Instansi terkait tokoh masyarakat dan tokoh agama Kabupaten Blora.
Bupati Blora Djoko Nugroho dalam pengukuhan tim saber pungli menyampaikan pelantikan satgas saber pungli Kabupaten Blora ini terdiri dari beberapa unsur yang terlibat diantaranya dari Instansi Pemerintah Daerah, Kepolisian, Kejaksaan dan TNI.
Pembentukan dan pengukuhan saber pungli ini dilakukan sesuai dengan Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar dan Intruksi Menteri dalam Negeri Nomor 180/3935/SJ tentang Pengawasan Pungutan Liar Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.
Sesuai Perpres tersebut Satgas Saber Pungli sekiranya dapat melaksanakan tugasnya dengan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personel, satuan kerja dan sarana prasarana.
Seperti yang telah disampaikan amanat presiden RI yang menyatakan bahwa saber pungli ini jangan hanya mengejar yang di luar saja tetapi juga ke dalam karena unsur yang terlibat di dalamnya seperti kepolisian, kejaksaan, TNI dan Instansi Pemerintah Daerah. maka tentunya juga harus berani untuk membersihkan ke dalam juga. “Khusus untuk pemberantasan pungli ini kita sangat serius menangani bersama terlebih lagi sangat antusiasnya tanggapan pungli dikalangan masyarakat luas, tanggapan publik juga mengisyaratkan adanya satu dukungan penuh terhadap langkah-langkah pemerintah untuk melakukan suatu pemberantasan pungli, sehingga dengan dilakukan dan dibetuknya tim saber pungli ini dapat menghasilkan penataan regulasi, reformasi hukum dalam pembenahan lembaga aparat penegak hukum serta membangun budaya hukum di kalangan masyarakat melalui penyelengaraan ini,“ pungkasnya
Usai Pengukuhan Wakapolres Blora Kompol Indrianto Dian Purnomo, SH mengemukakan tanggapannya kepada seputarxfmblora.com, “Alhamdullilah Tim Saber Pungli telah resmi di kukuhkannya, untuk langkah pertama tim intelijen akan mengumpulkan anggotanya untuk mengetahui modus-modus atau perbuatan-perbuatan apa yang masuk kategori pungutan liar, setelah dirumuskan secara bersama-sama, tim turun ke lapangan untuk operasionalisasinya melakukan penindakan bersama. Pasal-pasal KUHP tentang pemerasan atau pasal korupsi bisa menjerat pelaku pungli. Mengenai ancaman pidana, tim akan melihat besar kecilnya uang yang dipungli tersebut,” Terang Wakapolres Blora.
Perlu diketahui bahwa, Satgas Saber Pungli Kabupaten Blora ini terdiri dari 5 (lima) Institusi kesatuan yang meliputi, jajaran Polres Blora, Kodim 0721/Blora, Kejaksaan Negeri (Kejari) Blora, Inspektorat Blora, dan Kasubdenpom. Tujuan utama Satgas Saber Pungli adalah memberantas praktik pungli yang merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, Satgas Saber Pungli beraksi berdasarkan 4 (empat) kelompok kerja, terbagi atas kelompok Ahli, Unit Intelijen, Unit Pencegahan, Unit Penindakan, dan Unit Yustisi.
Peranan tugasnya adalah membangun sistem dengan Standard Operasional Prosedur (SOP) tertentu dengan mengedepankan fungsi pencegahan, melalui pembinaan dan pengawasan secara berkesinambungan terhadap penyelenggaraan Pemerintahan yang memiliki resiko terjadinya Pungli. “Tim Saber Pungli perlu  sosialisasi kepada masyarakat, sehingga kedepan diharapkan semua Unit Pelayanan bebas dan bersih dari Pungli,” tegas Kompol Indrianto Dian Purnomo.
Tim Saber Pungli Terbentuk Sebagai Upaya Birokrasi Pelayanan Masyarakat Bersih
Pemberantasan pungutan liar (pungli) telah dikumandangkan Bupati Blora Djoko Nugroho. Tak hanya di instansi pemerintah dan pelayanan publik, pemberantasan juga menyasar pada pungli yang dilakukan oknum, warga mengatasnamakan perkumpulan atau organisasi. Hal tersebut dikemukakan Bupati Djoko Nugroho saat menyampaikan sambutan pengukuhan unit satuan tugas (satgas) sapu bersih (saber) pungli di pendopo rumah dinas bupati. “Hampir semua tahu bahwa konotasi pungutan liar identik dilakukan oleh oknum aparat, pejabat dan jajarannya kepada rakyat. Namun saat ini bisa terjadi pula yakni ada oknum rakyat dengan embel-embel organisasi tertentu melakukan pungutan liar. Untuk itu perlu dikoordinasikan dan dikomunikasikan bersama,”  tegas Bupati Djoko Nugroho.
H. Djoko Nugroho Memberikan Sambutan Dalam Pengukuhan Saber Pungli Kabupaten Blora Di Pendopo
Unit Satgas Saber Pungli yang dikukuhkan terdiri dari kelompok ahli yakni unit intelijen, unit pencegahan, unit penindakan dan unit yustisi. Tujuan utama satgas saber pungli adalah memberantas praktik pungli yang merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sedangkan tugas dan perannya adalah membangun sistem dengan standard operasional prosedur (SOP) tertentu dengan mengedepankan fungsi pencegahan melalui sosialisasi kepada masyarakat.
Selain itu juga pembinaan dan pengawasan secara berkesinambungan terhadap penyelenggaraan pemerintahan yang memiliki risiko terjadinya pungli. Ketua pelaksana unit satgas saber pungli dijabat Waka Polres Blora Kompol Indriyanto Dian Purnomo, wakil ketua I Bambang Darmanto (Inspektorat) dan wakil ketua II David Supriyanto (kejaksaan). Jumlah personel unit satgas saber pungli Blora sebanyak 40 orang sangat mampu memberantas pungli di Kabupaten Blora.
Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya, menghendaki unit satgas saber pungli dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personel, satuan kerja dan sarana prasarana. “Ini demi kebaikan kita bersama, kebaikan Kabupaten Blora, kebaikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dan terpenting adalah kebaikan bagi anak cucu kita nanti,” pungkasnya. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Wakil Ketua DPRD Blora Hadiri Peluncuran Maskot dan Jingle Pilkada 2024

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora, Mustopa S.Pd.I menghadiri acara peluncuran Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupa...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »