KAPOLSEK KEDUNGTUBAN BERI PEMBEKALAN DAN PELATIHAN MATERI LINMAS SIDOREJO

Kapolsek Kedungtuban Memberikan Pembekalan Kepada Linmas Desa Sidorejo
Blora,- Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas), Pemerintah Desa Sidorejo Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora mengadakan pembekalan dan pelatihan pengamanan swakarsa dalam hal ini Linmas. Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapkan mampu melakukan pendekatan persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat. (12/01/2017). Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus menjadi pelopor dan penggerak pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desanya. Hadir dalam pembinaan dan pelatihan anggota tersebut antara lain Kasi pemerintahan mewakili Camat Kedungtuban, AKP Sugihato Kapolsek bersama Kanit Binmas Kedungtuban, Kepala Desa Sidorejo beserta stafnya, Bhabisa Koramil Kedungtuban serta diikuti oleh 30 personil linmas Desa Sidorejo.
Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Kedungtuban, Polres Blora, AKP Sugiharto, SH dengan didampingi oleh Kanit Binmas dan anggota Bhabinkamtibmas Desa Sidorejo bekerjasama dengan pemerintah Desa Sidorejo, mengadakan pembinaan dan pelatihan terhadap anggota linmas bertempat di gedung balai Desa Sidorejo Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. 
Dalam pembinaan dan Pelatihan tersebut AKP Sugiharto, menyampaikan materi-materi tentang tugas pokok linmas diantaranya sebagai pengamanan swakarsa, perlindungan dan kenyamanan masyarakat.
Peragaan Beladiri Oleh Anggota Polsek Kedungtuban Di Balaidesa Sidorejo
Lebih lanjut Kapolsek Kedungtuban menjelaskan bahwa Indikator suksesnya pelatihan linmas adalah : (1) Meningkatnya kualitas SDM Linmas, (2) Menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, (3) Meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, (4) Meningkatnya Kesiap-siagaan Satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum dan (5) Meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.
Pada kesempatan ini, Kapolsek Kedungtuban AKP Sugiharto menerangkan juga Linmas adalah Satuan Perlindungan Masyarakat yang mempunyai tugas mendukung penanganan masalah ketentraman, ketertiban dan keamanan di lingkungannya, dan selain itu Linmas juga berfungsi membantu terciptanya kondisifitas dan penanggulangan bencana alam serta kegiatan sosial di lingkungan desanya. “Pada Intinya, tugas, fungsi dan peranan Linmas adalah membantu Pemerintah Daerah. Kepolisian dalam Harkamtibmas dan perbantuan kepada TNI dalam upaya Pertahanan Negara serta perbantuan dalam kegiatan sosial di lingkungannya,” pungkas Kapolsek Kedungtuban.
Usai AKP Sugiharto menyampaikan materi-materi tugas linmas kemudian di lanjutkan pemberikan pelatihan oleh Brigadir Herry, SH bersama Bhabinsa Koramil Kedungtuban perihal baris berbaris, menggunakan atribut, tindakan di TKP sewaktu ada kejadian, tak lupa juga membekali tentang kemampuan bela diri perorangan dengan menggunakan alat peraga berupa tongkat dan borgol, dengan tujuan agar linmas mampu menghadapi dikala bertemu pelaku kejahatan secara tiba-tiba.
Diakhir acara dilakukan penyerahan seragam dan beberapa atribut kelengkapan anggota Linmas seperti senter, lampu kedip dan tongkat T oleh Kapolsek Kedungtuban didampingi para tamu undangan, yang diserahkan kepada para anggota Linmas Desa Sidorejo Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

5 Teman Terdekat Bisa Merubah Karakter Orang Kedepan

Inilah Hikmah Berteman Dari Berbagai Karakter Manusia, diantaranya:    ▪︎ Ada Teman yang bersifat keras dialah sebetulnya yang mendidik kita...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »