POLRES BLORA GENCARKAN PATROLI CYBER BERITA HOAX DI MEDSOS

Kasat Reskrim Polres Blora Tingkatkan Patroli Media Sosial Provokatif
Blora,- Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mengambil tindakan terhadap pelaku pembuat dan penyebar berita hoax yang seringkali viral di media sosial (Medsos). Langkah ini dirasakan pemerintah perlu diambil lantaran rentan menyebabkan keresahan di masyarakat. Kapolres Blora, AKBP Surisman mengaku sudah mendengar perihal instruksi penindakan terhadap pembuat dan penyebar berita hoax. Meski menegaskan bahwa secara umum masyarakat Blora masih aman dari efek viral berita hoax, akan tetapi tindak lanjut akan tetap dilakukan. “Kita sekedar memantau saja. Situasi di Blora masih sangat aman, masyarakat di sini saya rasa cukup rasional dan tidak mudah terpancing,” jelas AKBP Surisman, (13/01/2017).
Kapolres menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk lebih bijaksana lagi dalam memanfaatkan media sosial. Jika melihat ada postingan di laman medsos yang dirasa mencurigakan, ada baiknya warga melakukan pengecekan lebih lanjut dan tidak langsung percaya begitu saja. “Cek dan ricek itu sangat perlu. Apalagi pada masa perkembangan teknologi saat ini, kita bisa mudah melakukannya,” ungkap Kapolres Blora.
Pada Kesempatan itu pula, Kasat Reskrimum Polres Bloral, AKP Asnanto menambahkan, meski unit cyber khusus belum terbentuk di Blora, akan tetapi patroli cyber tetap dilakukan oleh jajarannya. Guna melakukan patroli cyber, pihaknya tidak membentuk unit khusus dan hanya mengandalkan satuan dan fungsi yang ada untuk diberdayakan. “Memang cukup penting untuk antisipasi dini. Jika ada provokasi di media sosial yang bisa memancing kericuhan kita sudah punya langkah-langkah antisipasi,”  terang  AKP Asnanto.
Sementara itu, Bupati Blora H. Djoko Nugroho melalui Achmad Nur Hidayat Kabag Humas Protokol Setda Blora menyatakan mendukung penuh kebijakan kepolisian untuk memberikan perhatian khusus melalui bagian Humas dan Protokol Setda Blora atas inisiatif Bupati melaksanakan DEKLARASI MASYARAKAT BLORA ANTI HOAX untuk menolak segala bentuk berita bohong. “Kita siap mendukung dan memberikan bantuan kepada aparat kepolisian,” Achmad Nur Hidayat. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »