PENGOBATAN GRATIS DI POLRES BLORA

Pengobatan Gratis Di Polres Blora
Blora,- Tim pengobatan gratis Polres Blora terkait masih dalam rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-71 tahun 2017 pagi hari tadi, kembali adakan program bhakti sosial kepada masyarakat. Setelah menggelar aksi donor darah, kali ini tema yang diusung adalah pengobatan gratis utamanya kepada warga yang kurang mampu yang dipusatkan di serambi Masjid Al Istiqomah Polres Blora. Selasa, (20/07/2017).

Dipilihnya lokasi pengobatan gratis diserambi Masjid Al Istiqomah Polres Blora dikarenakan tempatnya yang luas dan memadahi. Selain itu lokasi tersebut sedang berlangsung kegiatan Polres Blora membagikan 1200 paket zakat fitrah kepada ratusan warga kurang mampu dan anak yatim piyatu. Sehingga mudah dijangkau oleh warganya yang membutuhkan layanan kesehatan gratis seperti yang diselenggarakan hari ini.

Kapolres Blora AKBP Surisman,S.I.K,M.H melalui Kaur Kesehatan Linda S.Km menjelaskan, untuk membantu kelancaran pelaksanaan pengobatan gratis kepada masyarakat.

“Bhabinkamtibmas kami kerahkan untuk membantu kelancaran bakti sosial ini. Mereka bahkan rela terjun sampai ke pelosok untuk membagikan kartu sehat sekaligus melakukan pendataan kepada warga yang benar-benar membutuhkan pelayanan kesehatan gratis dari Polres Blora,” kata Kaur Kesehatan Pengatur Linda.

Sementara itu Kabagsumda Polres Blora, Kompol Andy Wahyono yang juga ketua tim panitia kegiatan ini menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut juga untuk memberikan penyuluhan dan pengetahuan secara umum tentang pentingnya perilaku hidup sehat kepada masyarakat. Kabagsumda juga menyapa warga yang ikut berpartisipasi dalam program pengobatan gratis itu.

“Momen Hari Bhayangkara yang tahun ini genap berusia 71 tahun memang dimanfaatkan Polres Blora dengan berbagai kegiatan yang berpihak kepada masyarakat, salah satunya melalui pengobatan gratis ini. Target kami hari ini sebanyak 120 orang, diutamakan para lansia maupun warga yang benar-benar membutuhkan menurut klasifikasi yang sudah ditentukan panitia,” ujar Kompol Andy Wahyono.

Urdokkes Polres Blora sebagai leading sector kegiatan tersebut telah  menyiapkan segala sesuatunya baik peralatan dan obat-obatan mulai dari kemarin. Paurdokkes Polres Blora, Pengatur Linda bersama stafnya tampak sibuk melayani pasien yang datang ke lokasi pengobatan tersebut dari berbagai desa.

Walaupun yang datang cukup ramai dan dengan berbagai macam karakternya, namun senyum dan pelayanan ramahnya tetap ia utamakan.

“SOP yang kami terapkan yakni, Bhabinkamtibmas memberikan kartu sehat kepada warga, kemudian warga datang ke lokasi pengobatan untuk mendaftar. Tahap selanjutnya yakni cek tensi dan gula darah oleh perawat, pemeriksaan dokter, pemberian obat dan terapi kesehatan,” kata Pengatur Linda.

Menurut Linda, rata-rata pasien yang datang merupakan penderita penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif sendiri merupakan penyakit yang disebabkan karena proses penurunan fungsi organ tubuh seiring bertambahnya usia seseorang. Umumnya, penyakit tersebut memang diderita oleh para lansia.

“Tubuh akan mengalami defisiensi produksi enzim dan hormon imunodefisiensi, peroksida lipid, kerusakan sel, pembuluh darah, jaringan protein dan kulit (penuaan) sehingga memunculkan berbagai penyakit degeneratif,” tambah Linda.

Ada beberapa jenis penyakit yang ditangani bersama timnya tadi pagi diantaranya hipertensi, hiperlipidemia (transportasi lemak/lipid), hypercholesterolemia (kelebihan kadar kolesterol), asam urat, dermatitis (gatal-gatal), sesak nafas, diabetes mellitus, arthritis rematoid, osteoporosis dan berbagai penyakit lainnya.

Selain penanganan berupa pemberian obat maupun terapi kesehatan, pihaknya juga memberikan penyuluhan tentang pentingnya pola hidup sehat yang notabene bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan dan pentingnya menjaga kesehatan bagi masyarakat. meningkatkan mutu kesehatan masyarakat.

Disamping itu untuk mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat. membantu pemerintah dalam peningkatan kesehatan di wilayah Kabupaten Blora demi mendukung tercapainya program Indonesia Sehat. Pemberian penyuluhan tentang pentingnya pola hidup sehat kepada masyarakat.


Pengatur Linda SKM juga menuturkan bahwa pelayanan pengobatan gratis tersebut sudah dijadikan kalender rutin disetiap peringatan Hari Bhayangkara. “Semoga melalui berbagai kegiatan sosial ini, Polri semakin dicintai masyarakat,” begitu pesan singkatnya. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »