DITRESKRIMSUS POLDA JATENG SITA PULUHAN GLONDONG KAYU ILEGAL DI BLORA

Diduga Kayu Tanpa Dokumen Resmi Di Jepon
Blora,- Pengusaha kayu asal Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora bernama Edi Bahsiang harus berurusan dengan aparat penegak hukum di Polda Jateng karena diduga memiliki kayu tanpa dokumen resmi dan diduga terlibat bisnis kayu ilegal. Kamis (15/06/2017).

Kepala Subdit Tindak Pidana Tertentu, Direktorat Reserse Kriminal Khusus, Polda Jateng, Komisaris Polisi Kusnandar bersama 4 anggotanya dan di Back Up anggota Polsek Jepon Polres Blora, Rabu 14 Juni 2017 kemarin, mengatakan, penangkapan terhadap Edi Bahsiang.

Berawal dari laporan masyarakat bahwa dirumahnya digunakan untuk menyimpan kayu illegal sebanyak 36 batang kayu Jati dan 39 kayu Sono Keling. Diduga kayu illegal tersebut digunakan untuk bahan pembuatan meuble.

“Setelah mendapatkan laporan itu, kami langsung berangkat ke Blora untuk melakukan penyelidikan. Terbukti, di lokasi penyimpanan rumah Saudara Edi Bahsiang, kami menemukan kayu jati tanpa dokumen,” kata Kompol Kusnandar.

Setelah mengamankan kayu tersebut, lanjut Kompol Kusnandar, pihaknya langsung menghubungi Perhutani Blora untuk membantu penyelidikan. Perhutani Blora menyebutkan kayu yang dimilik Edi Bahsiang tidak dilengkapi dokumen resmi dari Perhutani.

Setelah itu puluhan kayu tersebut langsung diamankan ke TPK Cabak, sedangkan pemiliknya Edi Bahsiang masih dalam pemeriksaan pihak Kepolisian.

“Pemilik kayu juga tidak bisa memperlihatkan dokumen resmi tentang pengelolaan kayu tersebut. Sehingga kami langsung melakukan penyitaan barang bukti dan memeriksa pemilik kayu tersebut,” tutur AKP Joko Priyono, S.H, Kapolsek Jepon Polres Blora saat mendampingi.

Atas kasus tersebut, apabila terbukti secara hukum bersalah pemilik kayu illegal Edi Bahsiang langsung ditetapkan tersangka, pelaku dijerat Pasal 88 ayat 1 huruf b dan c serta Pasal 14 huruf b dan c Undang-undang RI nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan kerusakan hutan.


“Pelaku terancam pidana selama 5 tahun,” pungkasnya. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »