IBU-IBU TENTARA IKUTI PENGAJIAN BULAN RAMADHAN

Ibu-ibu Persit Kodim Blora Ikuti Pengajian Ramadhan
Blora,-  Ibu-ibu Majelis Taklim yang tergabung dalam Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Dim 0721/Blora di bawah bimbingan Ny. Yulia Susilo, mengadakan pengajian di bulan Ramadhan tahun ini, bertempat di Masjid Ar-Rahman Kodim 0721/Blora, Jalan Pemuda Nomor 44 Blora, Jumat (09/06/2017)

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLII Dim 0721/Blora Ny. Yulia Susilo mengatakan pengajian ini digelar tujuannya agar masyarakat lebih mengetahui bagaimana Islam yang Rahmatan Lil Alamin, sesuai dengan tema yang diangkat dalam pengajian tersebut.

“Pengajian ini kita laksanakan bukan semata-mata untuk mengisi kegiatan, namun untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan  dan membekali kita terutama dalam kehidupan berumah tangga,” ungkap Ny. Yulia Susilo juga sebagai Ketua Persit KCK Cabang XLII Dim 0721/Blora.

Kemudian acara pengajian diberikan tausyiah oleh penceramah Kyai Alif Utoyo dari Jepon yang membahas tentang “Keistimewaan Bulan Ramadhan”.

Menurutnya, Di dalam ayat  Al Qur’anul Karim, Allah Ta’ala menyebutkan dua keistimewaan bulan Ramadhan yang agung, yakni,

Keistimewaan pertama, diturunkannya Al-Qur’an di dalam bulan Ramadhan sebagai petunjuk bagi manusia dari kegelapan menuju cahaya. Dengan kitab ini, Allah memperlihatkan kepada mereka kebenaran (al-haq) dari kebatilan.

Kitab yang di dalamnya terkandung kemaslahatan (kebaikan) dan kebahagiaan (kemenangan) bagi umat manusia, serta keselamatan di dunia dan di akhirat.

Keistimewaan kedua, diwajibkannya berpuasa di bulan Ramadhan kepada umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika Allah Ta’ala memerintahkan hal tersebut dalam firman-Nya (yang artinya),” Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu” (QS. Al-Baqarah [2]: 185)

“Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam [1], di antara kewajiban yang Allah Ta’ala wajibkan, dan telah diketahui dengan pasti bahwa puasa Ramadhan adalah bagian dari agama, serta berdasarkan kesepakatan (ijma’) kaum muslimin. Barangsiapa yang mengingkarinya (kewajiban puasa Ramadhan), maka dia telah kafir,” jelas Kyai Alif Utoyo.


Usai tausiyah kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husna, dimana pada kegiatan ini di pandu oleh Kyai Alif Utoyo dari Kecamatan Jepon Blora. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »