PEMKAB BLORA MULAI MENATA KAWASAN MAKAM SUNAN POJOK

Selamatan Menjelang Pemangunan Makam Sunan Pojok Kota Blora
Blora,-  Proyek penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak Selasa (30/05/2017). Pembangunannya mendapatkan kucuran dana dari APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar  833juta Rupiah,  Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora Drs. Kunto Aji saat dihubungi Rabu (31/05/2017) mengatakan bahwa sebelum dilakukan pemasangan pagar seng tersebut, pihaknya bersama pengurus Yayasan Sunan Pojok, Tokoh Agama dan Rekanan melakukan syukuran serta doa bersama untuk kelancaran pelaksanaan proyek.
Diketahui bersama, biasanya haul dilaksanakan di akhir bulan Muharram. Ribuan peziarah setiap tahun menghadiri agenda haul tersebut. Begitu juga ketika malam Jumat tiba, puluhan peziarah melakukan doa bersama di areal makam.

“Sebelum proyek dilaksanakan, terlebih dahulu kita laksanakan doa bersama dan selamatan agar selama proyek penataan dilakukan tidak ada kendala dan hambatan. Mohon doa dan dukungannya agar nanti lokasi wisata religi ini bisa terwujud lebih baik dan tertata,” ungkapnya.

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora Drs. Kunto Aji bersyukur dengan adanya proyek penataan dan perluasan Makam Sunan Pojok ini akan bisa menambah destinasi wisata, utamanya wisata religi di Kabupaten Blora.

“Alhamdulillah, semoga kedepan menjadi objek wisata religi yang lebih bagus dan tertata. Begitu juga saat ada perayaan Haul Sunan Pojok semoga dapat dilaksanakan dengan lebih menarik sebagai salah satu daya tarik wisata religi yang ada di jantung Kota Blora,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Dinporabudpar Blora Heksa Wismaningsih S.STP, MH saat ditemui di kantornya mengatakan bahwa penataan kawasan Sunan Pojok dilakukan di sebelah timur makam yang selama ini digunakan untuk pertokoan.

“Jadi sesuai arahan Bapak Bupati Blora, pertokoan di sebelah timur itu nanti akan dibongkar untuk perluasan lokasi ziarah Sunan Pojok. Akan dibangun sebuah joglo besar disitu dan pagar keliling dengan menggunakan batu bata klasik,” jelas Heksa Wismaningsih sambil menunjukkan gambar rencana penataan.

Kabid Pariwisata Dinporabudpar Blora menambahkan bahwa Gapura Utama Sunan Pojok menghadap timur dengan model bangunan Mataram Kuno, mengingat beliau Sunan Pojok masih keturunan Kerajaan Mataram Islam.


“Sesuai tender, proyek penataan kawasan Makam Sunan Pojok ini menurutnya akan dilaksanakan selama 120 hari kalender atau selama 4 bulan terhitung sejak Selasa lalu dengan pelaksana CV. Lumintu Jaya,” pungkasnya.  (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »