DINNAKIKAN PERIKSA DAGING HEWAN DI PASAR BLORA

Dinnakikan Kabupaten Blora Memeriksa Daging Di Pasar Blora
Blora,-  Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinnakikan) Kabupaten Blora melakukan pemeriksaan daging yang dijual pedagang di pasar Blora. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan daging hewan dan ikan yang dijual aman dikonsumsi.

Kepala Dinnakikan Kabupaten Blora Ir. Wahyu Agustini mengungkapkan pemerikasaan tidak hanya dilakukan selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran Idul Fitri 2017, melainkan dilakukan secara periodik setiap tahun oleh petugas.

“Pemerikasan dilakukan secara periodik, ini untuk memastikan agar daging hewan dan ikan yang dijual aman dikonsumsi,” tegasnya, di Blora, Jumat (09/06/2017).

Bersama sejumlah petugas dan dokter hewan, Kepala Dinnakikan Blora memimpin langsung dan mengunjungi kios penjual daging serta memberikan arahan agar tetap memperhatikan penjualan daging hewan dan ikan yang segar dan sehat.

“Khusus untuk penjual daging sapi, kami imbau untuk tidak menyembelih sapi betina yang masih produktif,” tegasnya.

Selain itu, kepada penjual daging unggas (ayam/itik/angsa) dan ikan air tawar serta ikan laut diminta lebih teliti dan selektif untuk menghindari dugaan daging berformalin.    

“Daging hewan yang sehat, baik daging ayam, sapi atau kambing, mempunyai ciri khas warna dan kekenyalan tersendiri, di antaranya warna merah dan tidak berlendir,” tambahnya.

Dari hasil pemantaun, tim kesehatan hewan mengambil sampel daging untuk dilakukan pengujian laboratorium.

“Hasilnya segera kami sampaikan secepatnya,” kata salah satu dokter hewan, Yoyon S, yang ikut dalam tim pemeriksaan daging.  

Sementara itu, harga daging sapi di pasar Blora bertahan antara 95ribu rupiah  hingga 105ribu rupiah per kilogram.


Daging ayam kampung pada bulan Ramadhan tahun ini mencapai 65ribu rupiah per kilogram. Sedangkan daging ayam potong mencapai 33ribu rupiah per kilogram. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »