PENILAIAN PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK R) UNGGULAN JALUR PENDIDIKAN TINGKAT NASIONAL

Blora,- SMK Negeri 2 Blora telah memenangi PIK R tingkat Provinsi Jawa Tengah, dan saat ini, (30/05/2016) dilakukan penilaian tingkat Nasional. Hadir dalam penilaian ini Tim Penilai BKKBN Nasional yang diketuai oleh Andi Hendardi SH, serta Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Hadir pula, Wakil Bupati Blora H Arief Rohman M.Si mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho yang saat ini sedang mengikuti Pembekalan Kepemimpinan di Jakarta, Asisten Pemerintahan, Forkopimda, dan Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Blora Dra Sri Suhardini M.Pd. Wakil Bupati Blora H Arief Rohman M.Si beserta rombongan tim penilai disambut oleh seni barong dari SMP Negeri 5 Blora.
Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Blora menyampaikan laporan mengenai terselenggaranya PIK R Konserda SMK Negeri 2 Blora. Dalam laporannya, Dra. Sri Suhardini M.Pd menyampaikan bahwa pada bulan Mei ini perwakilan SMK Negeri 2 Blora telah memperoleh Juara 3 Lomba Kompetensi Siswa tinggkat nasional yang diselenggarakan di Malang, juga memperoleh juara 1 Olimpiade Akuntansi tingkat Jawa Tengah dan DIY oleh siswa yang bernama Evita yang diselenggarakan di Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Tim Penilai BKKBN Nasional ke SMKN 2 Blora bersama
Wakil Bupati Blora
Dra Sri Suhardini M.Pd juga melaporkan bahwa SMK Negeri 2 Blora menerapkan pembelajaran tidak hanya dalam kelas tetapi juga melalui lingkungan serta sosial kemasyarakatan. Diharapkan dengan adanya PIK R Konseda ini dapat menciptakan siswa yang terbebas dari pengaruh negatif dikarena PIK R Konseda SMK Negeri 2 Blora memberikan informasi mengenai Reproduksi pada wanita, seks bebas, pernikahan dini, serta napza. PIK R Konseda SMK Negeri 2 Blora juga telah melakukan kerjasama dengan dinas-dinas terkait seperti Kodim 0721, Polres Blora, Dindikpora, BPMPKB serta dinas terkait lainnya. Beliau juga berharap semoga PIK R Konseda SMK Negeri 2 Blora dapat memenangkan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Unggulan Jalur Pendidikan Tingkat Nasional ini.
Pada kesempatan kali ini, Ketua tim penilai Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Unggulan Jalur Pendidikan Tingkat Nasional Andi Hendardi SH didampingi oleh perwakilan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kementrian Kesehatan serta BKKBN Republik Indonesia. Andi Hendardi SH berpesan kepada PIK R Konseda SMK Negeri 2 Blora agar menunjukkan yang terbaik supaya PIK R Konseda SMK Negeri 2 Blora pantas menjadi juara dalam Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Unggulan Jalur Pendidikan Tingkat Nasional ini. Juga menyampaikan bahwa pada penilian ini terdapat lima kontestan yaitu Riau, Sumatera Barat, Jawa Timur, Kendari, dan Jawa Tengah.
Wakil Bupati Blora H Arief Rohman M.Si menyampaikan sambutan Bupati Blora Djoko Nugroho, bahwa saat ini remaja sudah jarang melakukan komunikasi dari hati ke hati walaupun dengan orang tuanya atau orang yang lebih dewasa, dengan adanya program PIK R bertujuan menjadi jembatan komunikasi, juga bisa menjadi penanggulangan permasalahan remaja yang sangat kompleks seperti pernikahan dini, seks pranikah dan napza yang tidak lepas dari pengaruh lingkungan. "Usia remaja sangatlah rentan terpengaruh, sebab kita sebagai makhluk sosial, yang tidak terbedakan oleh golongan usia, hendaknya bahu-membahu menanggulanginya, salah satu upaya yang telah kita rintis yaitu pembentukan PIK R," ujarnya
Sementara itu Wakil Bupati Blora H Arief Rohman M.Si berharap agar PIK R Konseda SMK Negeri 2 Blora dapat menjadi juara di tingkat nasional. Karena kerja keras selama ini sudah sepantasnya memperoleh hasil. Karena terbukti telah menjuarai sebagai juara 1 tingkat Provinsi Jawa Tengah. "Tanda-tandanya jadi juara 1 ini, terlihat dari kegiatan yang telah dilaksanakan," ujar Wakil Bupati Blora.

Masih dalam rangkaian kegiatan penilaian Aprilian Suti Rosita Dewi siswi SMK Negeri 2 Blora juga sebagai ketua PIK R Konseda SMK Negeri 2 Blora melaporkan bahwa saat ini telah melakukan sosialisasi melalui berbagai media seperti media sosial, radio, upacara, bakti sosial ke Panti Asuhan, serta bekerjasama dengan Dinas terkait di Kabupaten Blora. Juga melakukan konseling di setiap kelas dengan menunjuk dua konselor per kelasnya. Telah dilakukan pula Kegiatan Tolak Narkoba yang dilaksanakan di Car Free Day sebagai sarana sosialisasi bahaya narkoba kepada masyarakat Blora. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »