STAF KHUSUS WAPRES KUNJUNGI PABRIK GULA BLORA

Rombongan Staf Khusus Wapres Kunjungi PG Blora
Blora,- Wakil Bupati Blora H Arief Rohman M.Si mendampingi Staf Khusus Wakil Presiden Wijayanto Samirin berkunjung ke Pabrik Gula GMM Todanan Kabupaten Blora. Pada kunjungan ini hadir pula Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Drs Bondan Sukarno MM, Kepala BAPPEDA Ir Samgautama Karnajaya MT, Kepala Dintanbunakikan Ir Reni Miharti, M.Agr.Bus, Pihak Pabrik Gula Gendhis Multi Manis (PG GMM), serta perwakilan petani tebu. (15/05/ 2016)
Pada dialog ini, Wakil Bupati H Arief Rohman M.Si beserta rombongan mendengarkan keluhan para petani dan pihak pabrik gula dalam memproduksi tebu. Dialog ini membahas mengenai dua hal penting yaitu insentif petani tebu serta potensi perluasan kebun tebu. Para petani menginginkan adanya insentif agar dapat terus menanam tebu. Insentif sangat dibutuhkan karena sulit untuk mendapatkan pinjaman modal. Selain itu insentif juga dibutuhkan petani karena saat ini petani melakukan sistem sewa lahan untuk menanam tebu. Sistem ini membutuhkan biaya yang tinggi karena lahan bisa berada di luar daerah sehingga biaya produksi membengkak untuk membayar pegawai dan transportasi.
Pihak pabrik gula menyampaikan bahwa pada periode giling tahun 2015 tidak dapat memproduksi gula secara maksimal. "Tahun 2015 kemarin kami kekurangan pasokan tebu pak, periode giling yang biasanya dari bulan Mei hingga September, tahun kemarin kami mundur jadi Juni hingga 17 September saja," ujar Andreas Galih selaku Vactory Manager PG GMM. Saran Wakil Bupati H Arief Rohman M.Si untuk mengembangkan lahan pertanian tebu pun terkendala dengan kepemilikan lahan. Lahan yang ada di sekitar pabrik adalah milik Perhutani. Lahan ini tidak dapat dialih fungsikan sebagai ladang tebu karena tebu memiliki kadar gula yang tinggi.

Dengan adanya masalah tersebut, Staf Khusus Wapres menyarankan semua pihak yang mengikuti dialog untuk membuat pointer apa saja yang perlu dibantu pemerintah. Hal ini dilakukan agar dapat segera diusulkan ke Wakil Presiden dan dapat segera ditangani. "Pabrik ini memiliki banyak potensi, jadi tolong buat pointer biar nanti saya followup, nanti kalau Bapak Wapres setuju, pabrik ini bisa berkembang," ujarnya. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »