UPACARA PEMBUKAAN TMMD SENGKUYUNG I DI BLORA

Bupati Blora Inspektur Upacara
Pembukaan TMMD di Desa Gadu
Blora,- Bupati Blora Djoko Nugroho selaku IRUP Upacara Pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) tahap I (Reguler 96 dan Sengkuyung I) Provinsi Jawa Tengah tahun 2016. Pada acara ini Bupati Blora Djoko Nugroho sekaligus membuka TMMD tahap I yang diselenggarakan di Desa Gadu Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Upacara pembukaan ini dihadiri pula oleh seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Blora dan Forkompimcam Kecamatan Sambong. (03/05/ 2016)
Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengenai keberhasilan program TMMD yang dapat mendukung percepatan pembangunan di pedesaan, dan sekaligus merawat semangat kegotong royongan bangsa. TMMD juga memiliki manfaat yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat, sehingga masyarakat sangat mendukung terlaksananya program TMMD tahap I (Reguler 96 dan Sengkuyung I) Provinsi Jawa Tengah tahun 2016 ini.
Program TMMD ini diselenggarakan oleh TNI Angkatan Darat bekerja sama dengan Kementrian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi RI. Selain itu juga bekerjasama dengan Bappeda Provinsi, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta Pemerintah Kabupaten Blora. Diharapkan dengan adanya TMMD tahap I ini, rakyat punya daya dan upaya untuk secara mandiri lepas dari belenggu kemiskinan dan keterbelakangan, serta sekaligus punya daya tangkal kuat atas berbagai potensi ancaman dan gangguan yang membahayakan kondusivitas wilayah serta tegaknya NKRI.
Penyerahan Peralatan TMMD Oleh Bupati
Dalam rangkaian acara pembukaan TMMD tahap I (Reguler 96 dan Sengkuyung I) Provinsi Jawa Tengah tahun 2016 ini Bupati Blora Djoko Nugroho juga melakukan kegiatan menanam pohon dan mengunjungi Posyandu Desa Gadu Kecamatan Sambong. Di sela-sela kegiatan, Bupati Blora Djoko Nugroho sempat berinteraksi dengan warga sekitar dan bertanya kepada salah seorang siswa untuk menghafalkan Pancasila.
Kegiatan TMMD ini terlaksana berdasarkan surat telegram Danrem 073/Makutarama Nomor ST/699/2016 tanggal 29 April 2016 tentang perintah melaksanakan OPS Giat TMMD Reguler ke-96 tahun 2016. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 30 hari dan Sengkuyung tahap I selama 21 Mei 2016.
Latarbelakang dipilihnya Desa Gadu sebagai tempat dilaksanakannya TMMD tahap I karena Desa Gadu merupakan desa yang masih memerlukan fasilitas/sarana prasarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu Desa Gadu juga memerlukan adanya peningkatan sarana transportasi pedesaan serta perlu dilaksanakan sosialisasi pemahaman tentang Kantibmas dan pertahanan wilayah Blora Timur.
Anggaran yang digunakan dari :
1. APBD Provinsi sebesar Rp. 140.000.000,00 
2. APBD Kabupaten Blora sebesar Rp. 150.000.000,00.
Pemukulan Kentongan Tanda Dimulainya TMMD
Sengkuyung I di Desa Gadu Oleh Bupati Blora di Saksikan
Forkompimda Blora
TMMD tahap I (Reguler 96 dan Sengkuyung I) Provinsi Jawa Tengah tahun 2016 ini diantaranya melaksanakan kegiatan fisik :
1. Pembuatan Jalan Makadam panjang 1.500 meter x lebar 2,5 meter
2. Talud panjang 58 meter x tinggi 0,6 meter
3. Rehab PAUD panjang 12 meter x lebar 6 meter
Selain itu juga akan dilaksanakan kegiatan non fisik diantaranya :
1. Penyuluhan pengentasan buta aksara (PBA)
2. Penyuluhan kewajiban WNI dalam bela Negara
3. Penyuluhan Kantibmas dan terorisme
4. Penyuluhan pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan
5. Penyuluhan kehutanan dan lingkungan hidup
6. Penyuluhan kesehatan
7. Penyuluhan kependudukan dan KB
8. Penyuluhan kerukunan umat beragama
9. Penyuluhan/keterampilan
10. Penyuluhan sertifikasi pertanahan
(adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Sejumlah Titik di Ruas Jalan Jepon-Bogorejo Blora Mulai Dibangun

  𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Sejumlah titik (enam titik) di ruas jalan Jepon-Karang-Bogorejo, yang merupakan jalan alternatif menuju wilayah J...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »