SOSIALISASI UPG DI KABUPATEN BLORA

Sosialisasi Gratifikasi Dan Program
Pengendalian Gratifikasi
Blora,- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menempatkan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) di setiap Kabupaten. Di Blora telah dilaksanakan sosialisasi UPG kepada seluruh jajaran SKPD bertempat di pendopo rumah dinas Bupati Blora, Rabu (25/05/2016). Sosialisasi tersebut di gelar oleh Inspektorat Kabupaten Blora yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Blora, Anggota DPRD, para kepala Dinas serta para pejabat pembuat komitmen (PPK) di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Blora dengan pembicara Group Head 3 Direktorat Gratifikasi Deputi Bidang Pencegahan KPK Agus Prayitno.
Bupati Blora Djoko Nugroho saat membuka acara mengemukakan bahwa dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat memotivasi semua pegawai untuk bisa melaksanakan tugasnya tanpa ekses hukum. "Setelah penataan struktur organisasi dan tata kerja yang baru, akan ada penegasan pakta integritas," himbaunya.
Menurut Agus Priyanto pembicara dari KPK mengatakan setiap gratifikasi yang diterima pegawai negeri harus dilaporkan ke KPK. Jika tidak, pelaku bisa dijerat pasal tindak pidana gratifikasi. "UPG didaerah nanti yang akan meneruskan pelaporan gratifikasi itu ke KPK," ungkapnya.
Terkait sanksi, lanjut Agus Priyanto ancama hukuman gratifikasi minimal empat tahun penjara dan maksimal seumur hidup. Adapun penyebab terjadinya gratifikasi yakni adanya peluang, dorongan, serta pembenaran (ingin membahagiakan keluarga, loyalitas perusahaan maupun perseorangan). "Untuk pencegahan, tak hanya dibutuhkan integritas pribadi melainkan juga integritas lembaga," tegasnya.

Pemberian Gratifikasi dapat berupa uang, barang, rabat, komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan dan fasilitas lainnya. Salah satu contoh kasus gratifikasi misalnya ketika proyek selesai dan tanpa persoalan hukum, suatu ketika si kontraktor datang untuk memberikan sejumlah uang kepada pejabat pembuat komitmen. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

5 Teman Terdekat Bisa Merubah Karakter Orang Kedepan

Inilah Hikmah Berteman Dari Berbagai Karakter Manusia, diantaranya:    ▪︎ Ada Teman yang bersifat keras dialah sebetulnya yang mendidik kita...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »