TAJAK SUMUR NGU-IX KEDALAMAN 2.000 METER, PEPC ADK BERHARAP TEMUKAN CADANGAN MIGAS BESAR DI BLORA

Sarana RIG dan perangkat pendukung untuk pelaksanaan tajak pemboran eksplorasi sumur NGU-IX di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora 
Blora –  Kegiatan memulai pengeboran (tajak) pengeboran eksplorasi sumur NGU-IX lapangan Alas Dara dan Kemuning (ADK) berada di areal seluas 1,4 hektar, dengan rencana masa pemboran 66 hari, kedalaman sekitar 2.000 meter KB.

PT. Pertamina EP Cepu Alas Dara K emuning (PEPC ADK) kembali mencari cadangan minyak dan gas bumi (migas) di Kabupaten Blora. Pencarian migas diawali dengan tajak sumur baru NGU-IX, kawasan hutan jati Perhutani, Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Blora, Kamis (27/04/2017).

Kepala Satuan Kerja Pelaksana Khusus Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabanusa) Ali Masyhar melalui Kepala Urusan Humas M. Fatrah Yasin, menyatakan Pertamina PEPC ADK sudah mempersiapkan dengan matang sumur NGU-IX.

“Mari kita berdoa bersama, di sumur NGU-IX ini semoga terdapat cadangan migas yang besar,” tandas Fatah.

Kegiatan tajak berlangsung dari pukul 10.15 hingga pukul 10.45 WIB. Menurut Fatah, tahapan-tahapan sebelum pelaksanan tajak pengeboran eksplorasi ini melalui perizinan, sosialisasi, mobilisasi yang singkat.

“Jika kita tidak melakukan tajak pengeboran eksplorasi, dan mencari cadangan migas baru, bisa jadi Pertamina EP Cepu ADK akan tutup," katanya.

Public And Gouvernment Affair (Humas) PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi Alas Dara Kemuning (PEPC ADK) Cepu, Gayatri Handari Kusumawardhani, menjelaskan bahwa kegiatan pemboran eksplorasi ini bertujuan untuk membuktikan keberadaan Hidrokarbon pada Formasi Tawun dan Tuban.

Target kedalaman. Lanjutnya, direncanakan mencapai 2.000 m KB. Estimasi durasi pengeboran adalah 66 hari yang terdiri 28 hari pengeboran, dan 38 hari completion dan testing.

Untuk keperluan ini, melibatkan beberapa kontraktor yang juga mempekerjakan tenaga kerja lokal dari Desa Nglobo, dan Desa Cabak, dengan proses perekrutannya bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Blora.

Sementara itu, Bupati Blora H. Djoko Nugroho dalam sambutannya, mengaku hanya memberikan do'a restu terkait kegiatan tersebut, dan dia meminta tolong kepada jajaran Forkopimcam Jiken, Kepala Desa dan warga Desa Nglobo, termasuk danyang-danyang desa yang tidak terlihat mata turut memberikan do'a.

Tajak sumur NGU-IX ditandai dengan  pemecetan tombol sirine oleh Bupati di sekitar rig, dan usai acara peresmian tajak sumur lapangan ADK berkesempatan menyerahkan santunan kepada 15 anak yatim piatu warga Desa Nglobo Kecamatan Jiken.


Perlu diketahui, wilayah kerja PEPC ADK berada tiga wilayah kecamatan, masing-masing Kecamatan Jiken, Sambong dan Jepon. Sebelumnya, lapangan ADK dikuasai oleh Mobil Cepu Ltd (EMCL), anak perusahaan ExxonMobil. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Bertekad Sukseskan Pilkada, Sekretariat PPK 16 Kecamatan di Blora Tandatangani Pakta Integritas

BLORA - Bupati Blora H. Arief Rohman bersama  Forkopimda Blora saksikan penandatanganan Pakta Integritas Sekretariat Panitia Pem...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »