SEMANGAT HARI KARTINI ANAK SD BAGI-BAGI BUNGA MAWAR DI JALAN

Siswa SD Mengunjungi Polsek Cepu
Blora,- Banyak cara dilakukan pelajar dalam memperingati Hari Kartini setiap 21 April. Salah satunya memberikan bunga mawar dan setiker bertuliskan “Semangat Kartini Era Modren SDN 3 Balun Selalu di hati” kepada masyarakat di jalan raya.

Tepat di hari Kartini, sebanyak 300 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Balun dan SD Negeri 4 Cepu, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora. Bersama para gurunya mengunjungi Kepolisian Resor (Polsek) Cepu Polres Blora sambil membawa bunga, para siswa-siswi tersebut membagikan bunga ke anggota Polisi yang sedang bertugas. Tidak hanya membagikan mawar, sekolah itu juga  menggelar acara Drum Band dan pembacaan puisi.

Wajah ceria terpancar di anak-anak SD yang turut memeriahkan hari Kartini. Sebelum membagikan bunga di jalan raya, anak-anak SD tersebut di ajak gurunya berkunjung ke kantor Polisi. Mereka terlihat bersemangat membagikan bunga ke anggota Polisi di Kantor Polsek Cepu, sebagai bentuk peringatan Hari Kartini, yang bertepatan dengan hari ini. 

"Selamat Hari Kartini Pak Polisi, semoga dalam bertugas lancar, sehat selalu dan panjang umurnya," ujar Nizam, siswi kelas II SDN 3 Balun, Senin (21/04/2014).

Kedatangan siswa-siswi kedua SD tersebut ini disambut Kanit Binmas Polsek Cepu Itu Sujiyarno. Pria paruh baya dan berkumis tebal ini tersenyum bahagia mendapat bunga dan ucapan penuh doa serta harapan dari anak-anak SD.

"Terima kasih ya adik-adik sayang. Belajar yang rajin dan disiplin, berbakti kepada orangtua dan guru, kalian generasi penerus bangsa, jadikanlah bangsa ini besar dengan prestasi yang membanggakan,” kata Iptu Sujiyarno sambil mengusap kepala anak SD tersebut.

Kepala Sekolah SDN 3 Balun Suparno mengatakan, mulai dari siswa SD kelas 1 sampai kelas 6 diikutsertakan dalam rangkaian kegiatan memperingati hari RA Kartini. Sebagai bentuk mengajarkan kepada anka-anak bagaimana cara menghargai perjuangan para pahlawan Bangsa.

"Rangkaian kegiatan dimulai dari pawai drumb band dan baju adat, pembagian bunga mawar kepada masyarakat terutama kepada kuam wanita di jalan pemuda Cepu, sebagai bentuk menghargai emansipasi wanita yang dulu telah di perjuangkan Raden Ajeng Kartini,” Ujarnya

Kemudian para personil Polsek Cepu melihat semangat peringatan yang ditunjukan anak SD tersebut, tergerak hati dan semangatnya untuk mengawal dan mengamankan aksi drumband, bagi-bagi bunga mawar dan setiker di Jalan Pemuda Cepu kepada para masyarakat di jalan raya.

Suparno mengharapkan, dalam menghadapi era global, para pelajar harus meneladani semangat Kartini, yang mampu mengikis perbedaan gender dan mengangkat harkat dan derajat kaum wanita. "Mari ciptakan murid yang punya semangat dan tampil maksimal dalam mencapai cita-cita," katanya.

Menurut dia, aksi bagi-bagi mawar oleh para siswa SD kepada para masyarakat terutama kaum ibu yang melintas di sepanjang jalan dekat sekolah sebagai bentuk penghargaan terhadap kaum perempuan yang saat ini justru semakin maju dan mampu berdikari.

"Mawar merah sebagai ungkapan suka cita ada pahlawan wanita di Indonesia seperti Kartini dan berharap ibu-ibu yang mendapat mawar merah meniru semangatnya, khususnya tulus mencintai dan terutama dalam mendidik akhlak anak-anaknya secara baik dan benar," tuturnya. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »