TIM TI KABUPATEN BLORA MENGIKUTI BIMTEK SID TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH

Bintek SID Di Semarang
Blora,- Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah selama tiga hari di Semarang, 19 April hingga 21 April 2017.

Tim teknis Teknologi Informasi (TI) OPD Blora yang ikut Bimtek yaitu dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Tim Teknis Teknologi Informasi (TI) dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora.

Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, M.Si melalui Kepala Bidang TI Sukarjo dan tim TI Nurkhamid mengemukakan bimtek untuk menyeragamkan Sistem Informasi Desa (SID) se-Provinsi Jawa Tengah. “SID itu sebuah aplikasi berbasis web, yang bertujuan untuk mempermudah proses pelaporan data desa di area Jawa Tengah,” kata Nurkhamid, tim TI Dinkominfo, di Blora, Kamis (20/04/2017).

Lanjutnya, SID merupakan implementasi Undang-Undang Desa. Dalam Bagian Ketiga Undang Undang Desa Pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan jelas disebutkan bahwa desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota.

Sistem Informasi Desa (SID) menjadi bagian tak terpisahkan dari pembangunan desa dan pembangunan kawasan perdesaan. Dengan adanya perubahan paradigma pembangunan desa membuat SID menjadi penting peranannya,

“Karena itu, perlu dikembangkan SID yang sesuai dengan visi UU Desa yakni menjadikan desa kuat, mandiri, sejahtera, dan demokratis,” pungkasnya. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »