SUASANA PERPUSTAKAAN DI KABUPATEN BLORA LEBIH NYAMAN DENGAN ANEKA NUANSA

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Blora drh. R. Gundala Wejasena
Blora,- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blora pada tahun 2017 menargetkan 15ribu warga masyarakat dari berbagai elemen untuk menjadi anggota. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blora drh. R. Gundala Wejasena, MP. kemarin. “Tahun ini kami targetkan ada 15ribu anggota perpustakaan. Sampai bulan Maret 2017 sudah mencapai 11.000 anggota perpustakaan dari berbagai elemen,” ungkap drh. Gundala Wejasena didampingi Kepala Seksi Layanan Pustaka dan Informasi Priyadi, S.Sos, di Blora, (12/04/2017).
Ia menjelaskan, untuk mengejar target tersebut pihaknya gencar melakukan sosialisasi dan layanan baik di instansi pemerintah maupun swasta serta sekolahan hingga pelosok desa. “Termasuk di desa, semua desa harus memiliki perpustakaan umum. Bukan perpustakaan perangkat desa. Sehingga warga masyarakat bisa memperoleh bacaan yang diperlukan. Dengan adanya perpustakaan berarti ikut mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata drh. Gundala Wejasena.
Masih menurut Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Blora, bahwa budaya baca di Kabupaten Blora masih kurang, sehingga mengakibatkan ketertinggalan ilmu pengetahuan dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lain lain. “Termasuk di Blora, budaya baca masih kurang, sehingga kami bertekad untuk mendorong, memfasilitasi dan menjadikan suasana perpustakaan lebih nyaman dengan aneka nuansa. Seperti permainan anak, wifi dan kuliner,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Seksi Layanan Pustaka dan Informasi Priyadi, S.Sos menyampaikan layanan kelililing dengan menggunakan mobil masih menjadi prioritas untuk menumbuhkan budaya baca dan meningkatkan pelayanan. “Layanan keliling terus kami optimalkan. Di setiap ada momentum kegiatan, kami berusaha hadir. Termasuk di sekolah TK. Kami ajak anak-anak bermain, membaca, dan hiburan,” ujar Priyadi saat membuka layanan bagi siswa TK Pembina di halaman Kantor Bappeda Blora.       

Pada kesempatan yang sama, Mokhamad Farid, seorang pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blora menyampaikan untuk memacu potensi perpustakaan di tingkat desa pihaknya akan intensif melakukan monitoring terkait organisasi, pengelolaan bahan pustaka, pendanaan dan pengembangan minat baca di wilayah setempat. (adi  sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »