PEMKAB SIGI TERTARIK BUDIDAYA KELOR DAN BERKUNJUNG KE KAMPUNG SAMIN BLORA

Wakil Bupati Blora Menerima Kunjungan Pemkab Sigi Di Rumah Samin Karangpace Blora
Blora,- Pemerintah Kabupaten Blora menerima kunjungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi Provinsi Sulawesi Tengah. Kunjungan tersebut bertujuan untuk belajar budidaya kelor di Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran dan mengujungi kampung Samin Sikep Engkrek Karangpace Desa Klopoduwur serta pusat kerajinan kayu di Kecamatan Jepon.
Rombongan Pemkab Sigi dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Sigi Paulina dan istri Bupati Sigi Hazizah M. Irwan Lapatta diterima langsung oleh Wakil Bupati Arief Rohman mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho, (03/04/2017). “Kami mewakili Bapak Bupati Blora menghaturkan selamat datang kepada rombongan dari Pemkab Sigi di Kabupaten Blora,” kata Wabup Arief Rohman.
Setelah menginap semalam di Hotel Kencana, pada Selasa pagi (04/04/2017) rombongan yang terdiri diantar menuju lokasi budi daya kelor di Desa Ngawenombo Kecamatan Kunduran. Rombongan dilepas oleh Sekda Blora Bondan Sukarno, Asisten Setda Slamet Pamuji, Kepala Dinkominfo Sugiyono, Kepala Dinperinnaker Blora Suryanto dan sejumlah pimpinan OPD lainnya.  
Di lokasi budidaya kelor milik Dudi Kusnadi (Muringa Organik Indonesia), rombongan mendapat penjelasan tentang teknik budidaya dan penanaman kelor serta manfaatnya. Selain itu belajar produk dan learning bersama penyusunan dokumen.
Wakil Bupati Blora Arief Rohman bersama istri turut mendampingi hingga lokasi. Selain itu didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho. Dari lokasi budidaya kelor, agenda dilanjutkan mengunjungi pusat kerajinan kayu di kecamatan Jepon. Selanjutnya, rombongan mengunjungi kampung samin di dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo. Di Kampung Samin, rombongan Pemkab Sigi diterima langsung oleh Lasio, Tokoh Samin Sikep Engkrek Karangpace Desa Klopoduwur, Kepala Desa Klopoduwur Diana Utami dan sejumlah tokoh Samin lainnya. “Kami merasa terhormat atas kunjungan dari Pemkab Sigi di wilayah Kampung Samin,” kata Diana Utami, Kades Klopoduwur.
Selama di Kampung Samin Karangpace, rombongan disambut dan dihibur dengan kesenian barongan dan diberikan penjelasan sekilas tentang budaya, tradisi dan ajaran Samin Surosentiko. “Kami warga samin, biasa minum air dengan menggunakan air kendi,” kata Sunarto, tokoh Samin Sikep Engkrek.
Rombongan juga disuguh makanan tradisional buatan warga serta batik buatan wanita samin. “Atas nama Pemkab Sigi, kami tertarik dengan budaya warga Samin, dan sangat berkesan bisa mengunjungi para tokoh di sini,” kata Paulina, Wabup Pemkab Sigi.

Wakil Bupati Sigi Paulina dan istri Bupati Sigi Hazizah M. Irwan Lapatta menyempatkan foto bersama Wahini istri Lasio tokoh Samin Karangpace. Bahkan sejumlah rombongan menyempatkan bermain barongan dan mendokumentasikannya  Hadir mendampingi di kampung samin Karangpace, diantaranya Kabag Humas dan Protkol Setda Blora Ahmad Nor Hidayat, Kepala Dinkominfo Blora Sugiyono,  Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar  Sukartono, Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Heksa Wismaningsih serta sejumlah pimpinan OPD Blora. Sedangkan malam harinya, rombongan diterima Bupati Blora dalam agenda ramah tamah di rumah dinas Bupati. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »