PRAJURIT TNI YONIF 410 ALUGORO BERANGKAT KE PERBATASAN RI–PAPUA NUGINI

Prajurit Yonif 410/Alugoro Foto Bersama Forkopimpa Blora Sebelum Berangkat Bertugas
Blora,- Sebanyak 450 tentara Anggotas Yonif 410/Alugoro diberangkatkan untuk menjalankan misi pengamanan daerah perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Acara pemberangkatan Satgas Pamtas RI-Papua Nugini Yonif 410 Alugoro Blora tersebut telah dilakukan kemarin hari Jumat tanggal 21 April 2017 di lapangan apel Yonif 410 Alugoro. 

Pelepasan pemberangkatan dilepas langsung oleh Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman mewakili Bupati Blora H. djoko nugroho, hadir pula jajaran Furkopimda, Kapolres Blora AKBP Surisman, S.I.K, M.H. Dandim 0721 Letkol Inf. Susilo, perwakilan dari Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri Blora dan selaku tuan rumah Komandan Yonif 410 Alugoro Blora Letkol Inf. M. Heri Amrullah. Tampak sekali suasana haru yang tergambarkan dari prajurit 410 Alugoro melepas sanak saudara yang akan ditinggal tugas demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam acara pelepasan, Letkol Inf Heri Amrullah selaku Komadan 410 alugoro mengatakan, Satgas ini membawa misi untuk menjaga kondisi sosial perbatasan RI-Papua Nugini. Dan diharapkan Satgas harus membawa manfaat baik bagi masyarakat Indonesia di perbatasan, "Tugas prajurit 410 di sana selain menjaga daerah perbatasan juga harus mensejahterakan masyarakat di sana. Tak usah muluk-muluk. Beri contoh dan tauladan yang baik kepada masyarakat di sana misalnya," ujar Letkol Inf. Heri Amrullah.

Lebih lanjut Hery Amrullah menjelaskan bahwa setiap peluru yang digunakan selama misi harus dipertanggungjawabkan, jadi tidak sembarangan melepaskan tembakan, "Saya sama sekali tak mengizinkan kepada para prajurit saya, seenaknya peluru digunakan untuk menembak yang bukan sasaran. Satu peluru pun harus dipertanggungjawabkan penggunaannya, jaga daerah perbatasan sebaik mungkin," tegas Danyonif 410 Alugoro.

Sementara itu, Komandan Kodim 0721 Blora Letkol Inf. Susilo mengungkapkan, tugas ke perbatasan di Papua merupakan tugas rutin bagi para prajurit TNI AD. Sebab, mengemban tugas negara dan menjaga keutuhan NKRI adalah wajib, ”Tugas di perbatasan tak hanya menjaga teritorial negara. namun, juga untuk bersosialisasi dan membawa kebaikan bagi masyarakat setempat,” katanya.

Pada kesempatan itu pula, Kapolres Blora AKBP Surisman telah mengucapkan selamat bertugas para prajurit TNI, selanjutnya menyampaikan bahwa dirinya hadir disini mewakili Institusi Polri terutama Polres Blora. Inilah wujud soliditas dan sinergitas yang ditunjukkan untuk tetap menjaga keharmonisan dalam menjaga NKRI dan Harkamtibmas, “Saya hadir disini untuk memberikan semangat dan doa kepada para prajurit TNI Yonif 410 Alugoro yang akan tugas Pamtas RI-Papua Nugini. Semoga sebanyak 450 prajurit yang akan berangkat ini, diberikan kesehatan, keselamatan, berangkat utuh pulang pun utuh tanpa ada yang sakit bahkan gugur,” harap AKBP Surisman, S.I.K, M.H.

Usai acara apel pergeseran pasukan (Serpas) selesai, jajaran furkopimda Blora  kemudian berjabat tangan kepada seluruh prajurit untuk memberikan motivasi dan doa yang akan berangkat ke Papua menuju pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan menggunakan kapal “SELAMAT BERJUANG !!!”. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

DPRD Blora Terima Kasih kepada Pemilih, Penyelenggara Pemilu 2024, hingga Pemkab, TNI, dan Polri

BLORA — Lewat akun resmi ige Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora yang dikelola oleh Humas Protokol dan Publika...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »