PRAMUKA SMPN 2 BLORA TEMPUH UJIAN SKK

Pramuka SMPN 2 Blora Ujian SKK Di Dinkominfo Blora
Blora,- Satu regu Pramuka siswa SMPN 2 Blora menempuh ujian Syarat Kecakapan Khusus (SKK) Calon Anggota Pramuka Penggalang Garuda di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora, Selasa (18/04/2017). Mereka diterima Kepala Dinkominfo Drs. Sugiyono, MSi melalui Kepala Bidang Statistik, Persandian dan Telekomunikasi M. Suparna, S.Pd dan Kepala Seksi (Kasi) Persandian Dra. Merry Djatminingsih, M.Si.

Selama 30 menit mereka ditanya beberapa hal terkait sistem telekomukasi yang diketahui, tata cara menyampaikan berita informasi (jurnalistik), praktek menelpon dan semaphore. 
Selain itu mereka mendapatkan penjelasan bagaimana teknik menyampaikan berita,

“Kami mengapresiasi keberanian anak-anak, ternyata rasa keingintahuan mereka terkait telekomunikasi dan persandian sangat bagus. Kami jelaskan seperti teknik menyampaikan berita, diantaranya harus menggunakan salam, bahasa dan tujuan yang jelas,” kata Kepala Seksi Persandian Merry Djatminingsih.

Satu regu siswa anggota Pramuka itu juga diminta hati-hati dalam menerima informasi melalui pesan singkat di ponsel yang kurang bisa dipertanggungjawabkan. “Kami imbau juga anak-anak untuk hati-hati menanggapi informasi melalui sosial media,” tandasnya.

Yang lebih menarik, mereka dipesan menjadi contoh yang santun dan baik dalam berkomunikasi menggunakan telepon atau di sosial media. “Kami pesankan pada anak-anak, agar menjadi contoh yang santun dalam berkomunikasi. Harus santun berkomunikasi kepada orang yang lebih tua atau guru, baik di dalam atau di luar sekolah,” kata Merry Djatminingsih.      

Setelah diuji materi SKK, para siswa itu diajak mengunjungi Media Center Dikominfo dan dikenalkan kepada sejumlah wartawan media cetak yang sedang beraktivitas. “Saya suka dan berkesan menempuh SKK di Dinkominfo. Ini baru pertama kali,” Febria Indah Sari, seorang siswa SMPN 2 Blora Kelas 8.   

Nama anggota regu Pramuka siswa kelas 8 SMPN 2 Blora yang menempuh SKK di Dikominfo yaitu Alfiana Fitri Utami Jaswah, Sherli Rahmawati, Febria Indah Sari, Rossa Amelia Purwanto, Novita Fitriani, Ahmad Ali Ma’ruf dan Izza Laila Nur R. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »