SAT LANTAS BLORA RAZIA RUTIN UNTUK KURANGI ANGKA PELANGGARAN LALU LINTAS DAN KEJAHATAN JALANAN

Satlantas Blora Razia Rutin Di Perempatan Kantor Pos Cepu
Blora,- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Blora melakukan Operasi rutin yang digelar pada sore hari membuat banyak pengendara terjaring dalam operasi ini. Jenis pelanggaran yang ditemukan adalah pengendara tidak menyalakan lampu, tidak memakai spion, serta tidak membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Para pengendara yang yang melanggar aturan maupun tidak memiliki kelengkapan surat-surat makan akan diberi surat tilang dalam operasi ini. Bagi para pengendara yang terkena tilang, maka harus menjalani sidang untuk mengambil surat-surat kendaraan yang dibawa dalam operasi tersebut. Operasi rutin yang digelar oleh Satlantas Blora ini ditujukan untuk menekan angka kecelakaan dan kriminalitas di jalan raya, serta untuk menjaga ketertiban dalam berkendara.
Pelaksaan razia oleh Satlantas Polres Blora ini, berlangsung di batas wilayah Provinsi  Jawa Tengah Kabupaten Blora dengan Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur, tepatnya di simpang empat Kantor Pos Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Rabu (15/02/17) dari pagi hingga siang. Terpantau setiap pengendara yang tidak lengkap dihentikan oleh petugas dan dibawa ke pinggir jalan untuk diperiksa kelengkapan surat kendaraannya.
Pengendara pun tampak kaget dan tampak mencoba menghindari petugas razia. Tapi, hanya beberapa pengendara yang selamat dari penjaringan petugas. Berbagai alasan pengendara yang terjaring untuk berkilah supaya tidak ditindak langsung (tilang).
Ada yang mengatakan mau baru-baru masuk kerja, ada yang bilang rumahnya dekat, ada yang bilang lupa membawa surat-surat kendaraan dan alasan lainnya untuk meminta tolong kepada petugas. Namun, petugas tidak melepas begitu saja dari berbagai alasan pengendara tersebut. Pasalnya petugas Satlantas melakukan razia untuk mengantisipasi pelaku pelanggar lalu lintas dan kasus pencurian kendaraan bermotor serta cipta kondisi Pemilukada Serentak yang sedang berlangsung. Dari hasil razia rutin yang digelar ini, setidaknya petugas berhasil menjaring 208 yang di tilang seperti kendaraan roda dua dan termasuk roda empat.
Kasat Lantas Polres Blora, AKP Febriyani Aer, SIK menjelaskan bahwa giat ini merupakan operasi rutin yang dilakukan sebelumnya analisa dan evaluasi (Anev). Pasalnya, tingkat pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas mulai meningkat dan diupayakan untuk pencegahan melalui giat rutin ini. "Kita tilang 208 kendaraan terdiri dari 154 STNK, 20 SIM dan kendaraan bermotor tanpa dilengkapi surat-surat lengkap sebanyak 34 unit, " sebut AKP Febriyani Aer,SIK., saat ditemui diruang kerjanya.
Sementara pelanggaran yang ditemukan dilapangan ini seperti tidak memiliki STNK, Sim, dan kondisi kendaraan yang tidak sesuai standart, sementara diamankan di kantor Unit Sat Lantas Polsek Cepu Polres Blora. Setiap pelanggaran dilakukan tilang. Karena giat ini tidak ada dilakukan teguran. "Bagi pelangar lalu lintas langsung kita tilang," ujar AKP Febriyani Aer, SIK.
Sedangkan usia pelanggar lalu lintas ini mulai dari usia produktif sampai non produktif. Giat kali ini dilakukan secara stasioner dan juga ada petugas yang melakukan mobile untuk mencegah pelanggaran lalu lintas tersebut. "Saat kita tangkap pelanggar, bervariasi alasannya kepada kita. Tapi tetap kami lakukan penindakan supaya dapat menurunkan angka pelanggar ini," tegasnya.
Namun, untuk melihat meningkat atau menurunnya pelanggar ini, pihak Satlantas akan melakukan evaluasi nantinya.
Semua barang bukti yang kita amankan dari para pelanggar lalu lintas, nantinya pemilik akan mengambilnya dengan syarat telah mengikuti siding tilang yang dilaksanakan setiah hari Rabu di Pengadilan Negeri Blora. setelah membayar denda tilang baru para pelanggar bisa mengambil haknya di kantor Unit Sat Lantas Polsek Cepu.
Ditambahkan AKP febriyani Aer, bahwa giat rutin ini sudah berlangsung beberapa titik di wilayah Kabupaten Blora. Sebelumnya dilakukan di Jalan simpang tiga Kaliwangan Blora. "Selanjutnya kita lakukan giat dimana tempat yang rawan laka lantas dan tingkat pelanggaran, " tandasnya.
Satlantas Blora Razia Rutin Di Pertigaan Kaliwangan Blora
Razia Rutin Dilokasi Simpang 3 Kaliwangan
Kali ini Satlantas Kepolisian Resor (Polres)  Blora rutin menggelar razia kendaraan dalam rangka menciptakan keadaan aman dan kondusif. Salah satunya sebagai menekan angka pelanggaran lalu lintas dan kejahatan curanmor di wilayah hukum Polres Blora. Kemarin (14/02/2017) razia dipimpin Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Blora, Iptu Markus, dengan dibantu 10 personil menggelar razia pemeriksaan kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua di jalan simpang 3 Utara Jempatan Kaliwangan Blora, “Hasil pelaksaan razia pemeriksaan kelengkapan surat-surat dan melakukan tindakan tilang  yakni 63 tindakan tilang, BB STNK 53, SIM 1, Ranmor 8.
Sementara itu Kasat Lantas Polres Blora AKP Febriyani Aer SIK mengatakan operasi rutin razia kendaraan yang dilakukan petugas sebagai bentuk antisipasi kejahatan jalanan dan penertiban pelanggar aturan lalu lintas Di Kabupaten Blora. "Ini merupakan giat rutin Sat lantas. Selain penertiban lalu lintas, kegiatan ini juga difokuskan untuk menekan angka kasus pencurian kendaraan bermotor di wilayah hukum Polres Blora," ujar Kasat Lantas Polres Blora AKP Febriyani Aar SIK di ruang kerjanya.
Menurut AKP Febriyani Aer SIK, razia tak hanya di fokuskan di satu tempat saja, namun juga akan dilakukan disejumlah titik di seluruh Kabupaten Blora. Tak hanya kendaraan roda dua, namun razia kali ini juga ditujukan kepada pengendara mobil. "Kita akan gelar razia dengan titik-titik yang sudah ditentukan dan berpindah-pindah, jadi tidak hanya di dalam kota Blora saja akan tetapi di seluruh wilayah Kabupaten Blora terutama daerah batas kota. Selain motor, pengemudi mobil juga tak luput dari perhatian kami. Razia kita rutinkan menjadi dua waktu yaitu pagi dan sore hari. Lokasi kita tempatkan petugas melakukan razia di sejumlah titik rawan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.” Tegas AKP Febriyani Aar. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »