RESMOB POLRES BLORA DAN RESKRIMUM POLDA JATENG BERHASIL BEKUK KOMPLOTAN BEGAL SPESIALIS TRUK

Barang Bukti Spesialis Rampok Truk Di Pinggir Jalan
Blora,- Lima pelaku komplotan begal sadis spesialis truk yang kerap melakukan aksinya di jalan, dibekuk aparat Kepolisian. Salah satu tersangka harus ditembak kakinya oleh pertugas karena melakukan perlawanan saat hendak ditangkap. (26/02/2017) "Penangkapan terhadap para pelaku dilakukan aparat gabungan oleh Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jateng dan Resmob Polres Blora dipimpin Kompol Priyo, SH, SIK. Mereka ditangkap di tempat dan waktu yang berbeda. Untuk sementara Kini tim masih memburu pelaku penadah dan mencari barang-bukti lainnya," ungkap Ipda Edi Santosa Kanit Resmob Polres Blora. (27/02/2017).
Menurutnya, Mereka ini pelaku curas spesialis truk. Ada 5 tersangka yang kita tangkap dan salah satu tersangka yang terpaksa kita lumpuhkan dengan timah panas bernama Romli Subir (37th) warga Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya Jatim, karena melawan saat akan dilakukan penangkapan.
Keempat tersangka lain yakni Yono alias Gendut (32th), Hariyanto alias Heri (26th) sama-sama warga Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Purnomo (27th) warga Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, dan Agus Husaini (35th) warga Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Mereka masing-masing mempunya peran tersendiri dalam melancarkan aksinya.
Disampaikan Ipda Edi Santosa, bahwa komplotan bandit tersebut terakhir kalinya melancarkan aksi pada 22 Februari 2017 yang Tempat Kejadian Perkaranya di Jalan Randublatung-Doplang turut Desa Randuwalang Kecamatan Jati Kabupaten Blora, dengan korban Usman Bin Setri, sopir truk ekspedisi asal Lamongan Jatim. Seperti yang sudah-sudah, aksi itu dilakukannya pada dini hari. Para pelaku kerap melakukan aksi pembegalan di saat kondisi jalanan sudah sepi. Mereka menyasar truk yang berhenti di pinggir jalan saat pengemudi tengah beristirahat. "Korban ditodong senjata api dan sajam yang dibawa pelaku, kemudian diikat, dianiaya lalu dimasukkan ke dalam kendaraan yang dibawa pelaku, Meskipun, korban sudah diikat dan matanya ditutup menggunakan lakban. Korban lalu dibawa menuju arah Timur. Sesampai di daerah Lamongan korban yang sudah tidak berdaya dibuang di pinggir jalan." ungkapnya.
Selanjutnya, para tersangka membawa kabur truk berikut muatannya ke penadah yang saat ini masih buron. Di sana, mereka menjual truk sekaligus muatannya hingga ratusan juta rupiah.
Ipda Edi Santosa mengatakan, komplotan begal ini memang sudah sering melakukan aksi kejahatannya. Namun sementara yang baru lima yang terindikasi, mereka melakukan aksinya yakni di Jalan Pantura Kendal bulan Januari 2017, Jalan Tuntang Kabupaten Semarang 05 Februari 2017, di Kabupaten Blora 22 Februari 2017, Kabupaten Kudus Desember 2016, dan di Kabupaten Rembang dengan 3 TKP pencurian mobil Pick Up.
Lebih lanjut, Kanit Resmob Polres Blora Ipda Edi santosa menjelaskan sebelum melakukan aksinya, komplotan ini melakukan survei di jalan sebelum aksinya pada malam hingga dini hari. "Mereka tidak melihat truk itu ada muatannya atau tidak, begitu ada truk berhenti mereka langsung menodong korban lalu memasukkan korban ke mobil mereka setelah diikat dan dilakban mata dan mulutnya dan akhirnya  korban dibuang di jalan. “Untuk penanganan kasus Curas ini diambil alih oleh Dit Reskrimum Polda Jateng karena seluruh TKP berada di wilayah hukum Polda Jateng," tandas Ipda edi Santosa.
Pungkasnya, Tersangka dan barang bukti kita amankan dan Saat ini tim Opsnal Resmob Ditreskrimum Polda Jateng dan Resmob Polres Blora masih mengembangkan kasus tersebut untuk mengejar DPO penadah. Sementara para tersangka yang tertangkap dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan acaman hukuman maksimal 10 (sepuluh) tahun penjara. (adi sanrico/hms-resbla)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »