LONTONG TAHU BLORA MAK NYUS TENAN

Penjual Lontong Tahu Di Pasar Induk Kota Blora
Blora,- Makanan khas lontong tahu yang ada di dalam pasar induk Kota Blora diminati warga masyarakat. Makanan  merakyat itu tak pernah sepi pengunjung, terlebih ketika hari libur. Meski harus antri menunggu giliran, namun menjadi sisi pembeda dalam wisata kuliner lokal di Blora. Lebih dari tiga puluh tahun, di dalam bangunan pasar induk Blora itu sejumlah penjual lontong tahu menggaungkan nama Kabupaten Blora lewat kuliner. Masyarakat Blora biasanya menyebut “Lontong Tahu Jero Pasar” Sejumlah penjual lontong tahu sudah ada yang regenerasi, turun temurun melanjutkan usaha orang tuanya terdahulu yang sudah tiada.
Lontong Jero Pasar Blora, dibumbui kecap, tahu, cabai, kacang goreng, seledri, taoge, dan bawang goreng serta telor dadar bagi suka. Lauknya, selain tempe goreng, ada juga kerupuk gendar. Para penjual tidak menyediakan lauk daging ayam atau daging sapi. “Jualan lontong di sini sudah turun temurun, melanjutkan usaha ibu saya dulu. Sehari bisa habis 50 biji lontong. Bahannya beras,” kata Tri, salah seorang penjual lontong tahu, di Blora. Satu porsi lontong sambal tahu seharga Rp.9.000.
Dikatakan lontong tahu, karena menu utamanya adalah lontong dan tahu dengan sambal kacang yang diuleg. Yang menjadi pembeda, setiap pembeli harus sabar menanti ulegan sambal satu persatu, sebab penjual lontong Blora tidak menyediakan ramuan sambal instan yang bisa langsung disajikan. “Ya harus antri, sambalnya di uleg di cobek dulu, tidak langsung bisa disajikan. Antrinya tidak lama, untuk menguleg sambal paling 5 menit sudah selesai,” kata Puji, salah seorang penjual lontong tahu Blora lainnya.
Penikmat kuliner lontong jero pasar berasal dari berbagai kalangan. Bahkan beberapa warga kerap bernadar, jika berhasil meraih prestasi atau jika keluarganya ada yang sembuh total dari penyakit, mereka akan makan lontong di pasar itu. “Lontong tahu jero pasar memang bikin kangen,” kata Asih, seorang ibu warga Desa Jepangrejo. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »