DANRAMIL JATI TANAMKAN WAWASAN KEBANGSAAN DAN BELA NEGARA SEJAK DINI

Danramil Jati Selaku Pembina Upacara Bendera SMP N 1 Doplang
Blora,- Komandan Koramil (Danramil) 11/Jati diwakili Bamin Bhakti TNI bertindak sebagai pembina upacara Bendera dalam rangka menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan dan kedisiplinan pada siswa siswi SMP Negeri 1 Doplang, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora (06/02/2017). Upacara tersebut di ikuti Kepala Sekolah, guru Pengajar dan Staf TU, para Siswa SMP Negeri 1 Doplang   serta para pembina dari Koramil 11/Jati Kodim 0721/Blora.
Danramil 11/Jati Kodim 0721/Blora Kapten Inf Suwarno yang diwakli Bamin Bhakti TNI Serma Jayun Dalam upacara tersebut memberikan sambutan secara panjang lebar, serta memberikan wejangan kepada para siswa  SMP Negeri 1 Doplang, perihal  wawasan kebangsaan, bela negara serta kedisiplinan. “Penamanan wawasan kebangsaan, bela negara serta kedisiplinan perlu diberikan sejak dini, seperti kepada siswa-siswi SMP sederajat dan SMA sederajat. Hal itu dimaksudkan agar generasi muda kedepan bisa menjaga keutuhan NKRI,” jelas Serma Jayun.
Selanjutnya, kesadaran kebangsaan merupakan hal yang menjadi perekat batin seluruh rakyat Indonesia. Sedangkan konsep kebangsaan itu sendiri menjadi konsep yang mendasar bagi bangsa kita. Dalam kenyataannya, konsep kebangsaan itu telah dijadikan dasar Negara dan Ideologi Nasional yang terumus dalam Pancasila sebagaimana halnya dalam Pembukaan UUD 1945. “Yah, kita semua sudah ngertilah. Bangsa Indonesia ini adalah bangsa yang besar, dengan keanekaragaman suku, budaya serta  agama. Tetapi, dengan perbedaan tersebut kita masih tetap satu dan tidak mudah dipecah belah,” tambah Bamin Bhakti TNI.
Wawasan kebangsaan sangat penting ditularkan kepada para siswa dan siswi, sehingga mereka memahami apa itu tentang persatuan dan kesatuan, semangat gotong royong, saling menghormati antar agama yang satu dengan yang lainnya, semangat Nasionalisme, dan saling tolong-menolong. “Kita juga berharap,  para generasi muda kita. Tidak mudah terjerumus ke dalam hal  yang negatif. Tetapi sebagai generasi penerus bangsa kita harus punya semangat dalam menimba ilmu agar kedepan bisa ikut membangun negara serta daerah lebih maju,” tutupnya.
Pada kesempatan itu Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Doplang Andrian Bahtiar, mewakili para guru dan siswa mengucapkan terima kasih kepada Danramil Jati. Ini kesempatan baik, mudah-mudahan di beberapa kegiatan yang lainnya, “Kami berharap bantuan dan kerja sama dari jajaran Koramil Jati,“ pungkas 
Andrian Bahtiar. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »