BUPATI SOSIALISASIKAN PEMBANGUNAN PASAR

Bupati Blora Djoko Nugroho Memberikan Pengarahan Kepada Pedagang Pasar Induk Blora
Blora,- Tahun 2016 selesai dilakukan pengurukan lahan bakal Pasar Induk Kota Blora yang baru dan pembangunan pagar kelilingnya anggaran mencapai total Rp 10 miliar, kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora tahun 2017 akan melanjutkan pembangunan fisik Pasar Blora yang berada di wilayah Gabus Kelurahan Mlangsen.
Agar pembangunan bisa diterima oleh semua pihak, khususnya para pedagang. Pada Kamis (16/02/2017) Bupati Blora menggelar sosialisasi kepada para pedagang Pasar Induk Blora di Pendopo Kabupaten Blora. Sosialisasi diikuti oleh perwakilan pedagang sebanyak 100 orang.
Dalam acara tersebut, Bupati Djoko Nugroho didampingi Sekda Drs.Bondan Sukarno MM, Asisten 2 Setda Slamet Pamudji SH, M.Hum, dan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM Ir. Maskur MM. Bupati mengatakan bahwa Pemkab akan membangun Pasar Blora yang baru dengan nama Pasar Sidomakmur sebagai pasar besar dengan anggaran sebanyak Rp 25 miliar. “Pasar itu nanti untuk menampung seluruh pedagang yang setiap hari berjualan di sepanjang Jalan MR Iskandar, pedagang di Jalan Sumodarsono dan pedagang yang ada di Pasar Rel Mlangsen Blora. Semuanya akan ditertibkan agar pusat Kota tidak kumuh. Sedangkan untuk Pasar Induk akan dibangun juga, namun bertahap setelah pasar di Gabus selesai dibangun 2 blok,” ucap Bupati.
Menurut Bupati Djoko Nugroho, Pasar Besar di Gabus Mlangsen tersebut akan terdiri dari 4 blok besar yang dihubungkan dengan jalan lebar sehingga semua kendaraan bongkar muat bisa masuk area pasar, tidak membuat jalan macet. “Tahun 2017 ini kita bangun 2 blok dahulu berdaya tampung 845 pedagang dengan rincian los 2 blok 579 pedagang dan kios 2 blok sebanyak 266 pedagang. Setelah jadi silahkan ditempati seluruh pedagang,” jelas Bupati sambil menunjukkan desain gambar pembangunan pasar yang ditampilkan pada layar.
Bupati juga menjelaskan bahwa pembangunan pasar di wilayah selatan ini untuk perluasan wilayah Kota Blora. Nantinya Kantor Kecamatan Blora Kota juga akan dipindah di depan Pasar Sidomakmur. Akses jalan raya juga akan dibangun secara bertahap.
Jembatan Jembar penghubung Kedungjenar-Beran yang selesai dibangun tahun 2016 akan dilanjutkan dengan pembangunan jalan ke selatan tembus Gabus. Sehingga akses menuju pasar akan bertambah. “Kebetulan lahan persawahan dari Beran ke selatan hingga Gabus merupakan tanah bengkok desa, sehingga pembebasan lahannya tidak sulit,” ujar Bupati.
Mendengar penjelasan Bupati, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Induk Blora Tarwa Saladin menyatakan persetujuannya jika Pemkab hendak membangun pasar baru di wilayah Gabus Mlangsen untuk menampung para pedagang yang berjualan di sepanjang Jalan MR Iskandar, pedagang di Jalan Sumodarsono dan pedagang yang ada di Pasar Rel. Namun pedagang Pasar Induk menolak jika disuruh pindah ke Gabus. “Kami minta dua-duanya dibangun, jangan pasar di Gabus saja. Tapi Pasar Induk Blora yang lama juga dibangun agar bisa lebih bagus lagi,” tegasnya. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »