LOMBA DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA

Penilaian Lomba Desa Di Desa Brabowan Kecamatan Sambong
Blora,- Tim penilai lomba desa tingkat Kabupaten Blora mendatangi desa Brabowan Kecamatan Sambong untuk dinilai pada kegiatan lomba desa yang di adakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Desa Brabowan sendiri menjadi satu-satunya harapan bagi warga Sambong untuk berjaya di Kabupaten Blora membawa nama Kecamatan Sambong, karena desa Brabowan menjadi perwakilan satu-satunya dari Kecamatan Sambong yang lolos ferivikasi pada tahapan sebelumnya (31/03/17).
Hadir dalam penilaian desa tersebut yakni Camat Sambong Tjahyono, S.sos, Kepala Desa Brabowan Indarsih, Ketua Tim penilai Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Blora Catur Pambudi, Kapolsek Sambong diwakili Kanit Binmas Aiptu Partoni, Bhabinkamtibmas Desa Brabowan Bripka Agus Puji, Bhabinsa Koramil Sambong Sertu Jery Waluyo, dan ketua PKK Kabupaten Blora Yayuk.
Beberapa hari sebelumnya Bhabinkamtibmas Bripka Agus Puji bersama seluruh perangkat Desa Brabowan sudah mempersiapkan dan memberikan pembinaan terkait bidang Keamanan dan ketertiban masyarakat antara lain pembinaan baris berbaris terhadap peleton Linmas, pembinaan Sistim keamanan lingkungan dan administrasi serta perlengkapannya, Simulasi latihan penanggulangan ketika terjadi bencana alam dan mekanisme pelaporan oleh petugas siskamling ketika terjadi gangguan kamtibmas.
Adapun tujuan dari rangkaian secara umum tujuan dari lomba desa yaitu untuk mendorong usaha pembangunan yang dilaksanakan masyarakat desa dan kelurahan atas dasar tekad dan kekuatan sendiri. Untuk mengetahui kegiatan pembangunan yang dilaksanakan masyarakat di Desa dan Kelurahan selama kurun waktu satu tahun dalam wujud peningkatan kuwalitas hidup ekonomi, politik, sosial dan budaya dan Kamtibmas. Untuk menetapkan desa Desa atau Kelurahan yang berprestasi dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat.
Kegiatan lomba desa se-Kabupaten Blora oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa mempunyai sasaran yaitu pelaksaaan pemberdayaan masyarakat selama kurun waktu satu tahun terakhir yang dilaksanakan oleh masyarakat desa dan kelurahan bersama-sama dengan pemerintah yang dititik beratkan pada usaha gotong royong dan keswadayaan masyarakat berdasarkan data realita pembangunan dengan pembanding hasil pembangunan pada tahun sebelumnya.

Sementara itu, Bripka Agus Puji mengatakan secara umum di desa Brabowan memang menjadi sorotan utama untuk hal pembangunan desa dan kondisi kamtibmas yang kondusif, bhabinkamtibmas, babinsa dan kepala desa Brabowan sering menghimbau untuk seluruh warga.  “Seluruh elemen masyarakat bekerja besama-sama dengan asas gotong royong dalam kebersamaan untuk memelihara lingkungan dan menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif,”  pungkasnya. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Sejumlah Titik di Ruas Jalan Jepon-Bogorejo Blora Mulai Dibangun

  𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Sejumlah titik (enam titik) di ruas jalan Jepon-Karang-Bogorejo, yang merupakan jalan alternatif menuju wilayah J...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »