AKSI SOLIDARITAS WARGA BLORA KAKI COR SEMEN MENOLAK PABRIK SEMEN REMBANG

Di Alun-alun Blora Aksi Solidaritas Warga Blora Kaki Di Cor Semen Tolak Pabrik Semen Rembang
Blora,- Aksi solidaritas protes warga yang menolak kehadiran pabrik semen Rembang, Jawa Tengah masih berlangsung. Mereka yang menolak mayoritas gabungan dari beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Blora yakni LSM Geram diketuai oleh Eko Arifianto, LSM Arak diketuai oleh Kentut,  dan LSM Jati Bumi diketuai oleh Tejo Prabowo.
Aksi dilakukan oleh sekitar 50 simpatisan dari tiga LSM tersebut dengan menggelar aksi unjuk rasa di alun-alun Kota Blora sebelah timur, mendapat pengawalan ketat dari Kepolisian resor (Polres) Blora, (24/03/2017), menerjunkan sekitar 105  personilnya untuk mengamankan pengunjuk rasa yang menolak berdirinya Pabrik Semen Indonesia di Rembang.
Mereka menyampaikan beberapa tuntutan kepada pemerintah dan presiden yang diantaranya, menuntut Presiden Rebublik Indonesia Joko Widodo supaya menindak tegas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang telah menggeluarkan izin Nomor 660/1/6 tahun 2017 tentang penambangan kembali bahan baku semen di Pegunungan Kendeng Utara. “Ada tiga tuntutan yang kita bawa, yang pertama adalah menuntut Jokowi supaya menindak tegas Ganjar Pranowo yang telah mengeluarkan izin tambang, yang kedua menolak tegas aktifitas pertambangan semen di kendeng sedangkan yang terakhir meminta pemerintah untuk merehabilitasi korban-korban akibat pembangunan semen di perbukitan kendeng,” tegas koordinator lapangan Eko Arifianto.
Koordinator Aksi Solidaritas Eko Arifianto menjelaskan bahwa tujuan aksi ini hanyalah bentuk solidaritas untuk menyelamatkan warga Kecamatan Kendeng Kabupaten Rembang yang berjuang menolak pabrik semen diwilayahnya. Bukan hanya itu pendemo prihatin atas dampak lingkungan dan sosial masyarakat Kendeng akibat adanya pabrik semen tersebut. “Saya merasa prihatin dengan saudara-saudara saya warga Kendeng yang berjuang menolak pabrik semen, kami disini tergerak hati untuk turut membentu perjuangan warga Kendeng. Karena sudah terbukti banyak dampak negative yang timbul dikarenakan aktivitas pabrik semen. Warga Kendeng yang berprofesi sebagai petani sekarang sudah tidak berdaya lagi, mereka di paksa tanda tangan pembebasan tanah dan otomatis mereka kehilangan lahan persawahan tempat dimana warga Kendeng menggantungkan kehidupan sehari-hari dari hasil pertanian,” Ungkap Eko Arifianto Alias Eko Kotak.
Pengamanan aksi demo dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Blora Kompol I Gede Arda untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat menggangu situasi kamtibmas dan kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polres Blora.
Lebih lanjut, Kabag Ops Kompol I Gede Arda megatakan bahwa tugas Kepolisian untuk mengawal dan mengamankan aksi demo agar masyarakat dapat menyuarakan aspirasinya di muka umum. Kepolisian tidak menghalangi siapa saja yang ingin berserikat dan berkumpul untuk mengungkapkan aspirasinya, asal sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Sudah menjadi tugas Polri untuk mengawal dan mengamankan aksi unjuk rasa/demo yang dilakukan oleh masyarakat. Jajaran Polres hanya mengharapkan bahwa aksi demo jangan sampai mengganggu ketertiban umum dan juga tidak mengganggu ketertiban lalu lintas sehingga dapat merugikan orang lain. Apabila terjadi kerusuhan sebagai aparat Keamanan Polri harus bertindak tegas dengan membubarkan aksi unjukrasa tersebut.” Tegas Kabag Ops Polres Blora Kompol I Gede Arda.

Aksi solidaritas demo penolakan pabrik semen yang dipusatkan di alun-alun kota Blora diwarnai dengan aksi pengecoran kaki menggunakan semen, seperti yang dilakukan warga Kendeng yang berdemo di depan Istana Kepresidenan Jakarta. “Selama kurang lebih satu setengah jam aksi demo tersebut berjalan tertib   dan aman, akhirnya para peserta demo membubarkan diri masing-masing pulang kerumahnya,” pungkas Kompol I Gede Arda. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »