ALAT PEMBANGKIT LISTRIK DI BUKIT CENGKLIK TODANAN

Siswa SMKN 1 Blora Diatas Bukit Cengklik Todanan Kabupaten Blora
Blora,- SMK Negeri 1 Blora memberi bantuan peralatan pembangkit listrik tenaga matahari dan kincir angin di kawasan wisata Bukit Cengklik di Desa Bicak, Kecamatan Todanan. Dengan demikian persoalan penerangan di kawasan wisata terkini di Blora itu sudah terpecahkan. Dengan memanfaatkan energi sinar matahari, sejumlah siswa SMKN 1 Blora menciptakan kincir angin pembangkit listrik yang ramah lingkungan. Peralatan tersebut kemudian dipasang di kawasan wisata yang dikenal dengan ‘’Atas Awan Blora’’ “Pembangkit listrik ini mampu menghasilkan daya listrik hingga 500 watt,” ujar Dodik Prasetyo, salah seorang siswa yang membuat pembangkit listrik tersebut, di Blora,  (15/03/2017).
Melihat letaknya  berada di  kawasan ketinggian yang cukup jauh dari pemukiman warga, membuat kawasan wisata Bukit Cengklik tidak terjangkau aliran listrik PLN. Sehingga sejumlah siswa SMKN 1 Blora berinisiatif membuat pembangkit listrik tenaga matahari dan angin. Memanfaatkan tiga baling baling dan solar sell yang di pasang, pembangkit listrik itu bisa menyimpan daya listrik yang digunakan para pengujung untuk mengisi ulang baterai ponsel maupun laptop.
Selain itu, listrik yang dihasilkan dari peralatan tersebut bisa disimpan ke dalam aki. Dengan memanfaatkan sensor, saat malam  tiba, lampu di pembangkit listrik itu akan menyala sendiri. Pembangkit listrik inipun diklaim mampu menjadikan solusi bagi para wisatawan yang berkunjung di Bukit Cengklik saat ponsel mereka kehabisan baterai. “Minimal bisa untuk ngecharge HP. Selain untuk komunikasi, HP kami gunakan juga untuk foto-foto selfie,’’ kata Febrina, salah seorang pengunjung yang telah menggunakan daya listrik dari pembangkit listrik karya siswa SMKN 1 Blora tersebut.

Peralatan pembangkit listrik tersebut telah diserahterimakan kepada kepala desa Bicak dan pengelola kawasan wisata Bukit Cengklik. Diharapkan dengan dipasangnya alat tersebut bisa membuat wisatawan betah berlama-lama di puncak bukit yang memiliki pemandangan bagus. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Top ! Desa Bangowan Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2024 di Indonesia

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai melakukan penilaian dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (AD...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »