ANAK-ANAK SD DATANGI POLRES BLORA


Anak-Anak SD Berkunjung Ke Polres Blora Dalam Acara PSA
Blora,- Polisi Sahabat Anak (PSA) merupakan wujud nyata kepedulian Polri kepada masyarakat khususnya anak-anak dalam memberikan penyuluhan dan pembinaan, sehingga dapat membiasakan kepada anak-anak sejak usia dini untuk tertib berlalu lintas. Untuk itu Selasa 15 Maret 2017 pukul 09.00 WIB Unit Dikyasa Polres Blora Bersama Binmas Polres Blora melaksanakan kegiatan PSA dalam rangka Operasi Simpatik Candi 2017, dengan mengajak siswa-siswi Kelas 1 dan 2 SD Muhammmadiyah 1 Blora untuk berkelililing kantor Polisi dan mengenalkan tugas peran serta fungsi Kepolisian. (15/03/2017).
Dengan peserta kurang lebih 60 anak SD Muhammadiyah 1 Blora, Kegiatan PSA ini dipimpin oleh Kanit Binmas AKP Sumaidi didampingi oleh Kanit Dikyasa Polres Blora Yoga berserta para anggota dengan penuh kasih sayang memberikan edukasi dan pemahaman tentang tugas Kepolisian kepada anak-anak SD itu.
Siswa SD Muhammadiyah 1 Blora tersebut, dijemput menggunakan kendaraan patroli. Terlihat sekali antusias anak-anak tersebut merasa senang di ajak patroli keliling kota bersama Polisi. Tidak hanya berpatroli keliling kota Blora, akan tetapi mereka pun diperkenalkan dan di ajak untuk mengunjungi Markas Komando (Mako) Polres Blora. Disini mereka diberikan pengetahuan tugas lima Fungsi Kepolisian yakni Fungsi Sabhara, Lalu Lintas, Binmas, Reskrim dan Intel.
Di Mako Polres Blora murid SD Muhammadiyah 1 Blora di ajak berkeliling ke bagian dan ruangan termasuk ruang tahanan, ruangan Satwa anjing pelacak dan ruangan Commad Center Smile Police Polres Blora. Setelah puas berkeliling Mako Polres Blora selanjutnya mereka diajak menuju Mako Sat Lantas Polres Blora. Adapun materi kegiatan disana yang diberikan kepada anak anak yaitu pengenalan Rambu rambu lalu lintas, menjelaskan fungsi Helm dan kegunaannya, mengajarkan cara menyeberang jalan supaya aman, Pelopor keselamatan berlalu lintas dan diajak ke ruangan tes simulator dan praktek pembuatan surat ijin mengemudi (SIM).
Kasat Binmas Polres Blora AKP Sumaidi mengatakan kegiatan Polisi Sahabat Anak ini dilakukan untuk menanamkan kecintaan anak-anak kepada polisi. Selain itu dengan ditamankan sejak dini, diharapkan para siswa ini kelak bisa lebih disiplin dan mematuhi segala peraturan lalu lintas. “Bukan itu saja, dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak tidak lagi takut kepada polisi. Sebab selama ini jika melihat polisi mereka takut,” katanya.
Menurut salah seorang guru SD Muhammadiyah 1 Blora Dasmini, S.Pd mengatakan bahwa program Polisi Sahabat Anak ini merupakan kegiatan positif. Terlebih anak-anak dikenalkan dengan berbagai hal seperti tugas polisi, rambu-rambu lalu lintas, dan lain-lainnya. “Saya pikir kegiatan ini sangat bagus. Apalagi bisa memperbaiki citra polisi. Soalnya anak-anak kadang takut sama polisi. Setelah dikenalkan langsung, ternyata polisi ramah-ramah,” jelasnya.
Dengan kegiatan PSA ini, diharapkan juga si anak paham tugas mulia seorang polisi, Jiwa ksatria, jujur dan disiplin dapat dicontoh dan menjadi karakter pada saat mereka sudah dewasa nanti. Juga si anak tidak phobia terhadap polisi dan merasa bangga dengan polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Bisa menumbuhkan kedekatan antara anak-anak dengan Polisi sehingga anak-anak merasa nyaman dengan adanya Polisi maka Polisi dapat menjadi sahabat bagi anak-anak. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Pimpinan bersama Anggota, Sekwan dan Staf DPRD Blora Mengucapkan Selamat Idulfitri 2024, Minal Aidin Wal Faizin

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Lantunan takbir telah menggema menandakan tibanya penghujung Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah. Segenap Pimpinan, A...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »