GMM BULOG JANJI RENDEMEN MUSIM GILING 2017 LEBIH BAGUS


Rencana Area Parkir GMM Bulog Kapasitas 600 Truk Bermuatan Tebu
Blora,- Menghadapi musim giling 2017, PT GMM Bulog pemilik Pabrik Gula (PG) Blora terus berbenah diri kondisi pabrik. Tidak hanya melakukan perbaikan/pergantian mesin giling (unit mill) namun unit-unit lainnya, termasuk area parkir dan bongkar tebu juga ditata (diperluas) agar dapat menampung 600 truk tebu. “Kami sedang fokus penataan pelayanan area parkir truk, sehingga bisa menampung sekitar 600 truk bermuatan tebu,” jelas Direktur Opersional (Dirops) PT GMM Bulog, Saldi Aldrin, (12/03/2017).
Pembenahan dan penataan dengan meratakan tanah area sisi utara kompleks PG Blora seluas 2,5 hektar itu, lanjut Saldi Aldrin, bahwa selain untuk persiapan program pelayanan cepat pelayanan satu hari (one day service), juga memenuhi pemintaan petani tebu, “Petani mengeluh, antrean truknya sering mengular di luar pabrik, bahkan ada yang sampai menginap,” tambahnya.
Tidak hanya mengeluh antrean mengular, tetapi berjubel di luar pabrik, dan sampai menginap, sopir truk juga  mengeluhkan ada pungutan liar (pungli) saat truk-truk  antri menunggu giliran bongkar tebu.
Maka nanti kalau area parkir baru jadi, truk-truk tebu tidak lagi antri di luar PG, karena tidak hanya berdampak menggangu lingkungan, rawan keamanan, dan tidak ada lagi pungutan liar, “Musim giling tahun ini dimulai 01 Mei, target kami H-7 jadwal giling area parkir ini sudah beres,” jelasnya.
Dirops PT Gendhis Multi Masnis (GMM Bulog) menambahkan, unit bongkar tebu juga perbarui dari model hidrolic tipper yang yang mampu membongkar sekitar 20 truk tebu perjam, ditambah dengan fasilitas baru loading crane agar bisa membongkar sekitar 40 truk tebu perjamnya.
Pelayanan Cepat
GMM Bulog juga mengganti unit mill baru untuk memenuhi harapan petani tebu agar rendemen bisa lebih bagus. Bahkan, bank pemerintah juga akan membuka kantor kas baru di kompleks PG untuk mendukung program one day service itu, “Tebu masuk PG, nanti ada pelalayanan cepat dari bank untuk pembayarannya,” ungkapnya.
Pabrik Gula milik PT GMM Bulog yang berlokasi di kompleks Bentolo, Desa Tinapan, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora ini, memiliki kemampuan (kapasitas) giling 6.000 tcd (6.000 ton) perharinya.
Setelah dipegang Bulog, PG Blora yang berkonsep sugar green industry (pabrik gula ramah lingkungan hijau) ini. Kedepan optmis bisa menyerap tebu rakyat di Kabupaten Blora, Rembang, Grobogan, Sragen dan sekitarnya.
Diberitakan sebelumnya, PG Blora mendapat suport tambahan lahan dari Perum Perhutani KPH Blora, Randubaltung, Cepu, Mantingan 4.000 hektar lebih diluar lahan petani 3.100 hektar yang sudah ada, kini melakukan peningkatan/pembenahan peralatan giling (mill) baru, dan penataan lahan bongkar tebu. Petani Blora menyambut gembira langkah ini. Tidak hanya PG makin hidup, kesejahteraan petani, dan tenaga lapangan (buruh angkut, tebang, tanaga lainnya di lapangan) juga akan terkatrol. (adi sanrico)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa

Sekelumit sejarah. Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pra...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »