KAPOLRES BLORA PIMPIN LANGSUNG MEDIASI DAN BUBARKAN WARGA TOLAK PENGAJIAN MTA

Kapolres Blora AKBP Surisman Ditengah-tengah Massa Anti Pengajian
Blora,- Senin  kemarin, (21/03/2017) ratusan warga menolak dan memblokade jalan akses masuk lorong menuju lokasi pengajian Majelis Tafsir Al Qur’an (MTA), yang bertempat di rumah Ali Sugeng, RT 005 RW 002, Dukuh Ngrowo, Desa Japah, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora. Warga setempat menghalangi para jemaah MTA yang akan melaksanakan pengajian di rumah Ali Sugeng tersebut. Kapolres Blora AKBP Surisman, SIK, M.H, turun tangan langsung untuk melakukan mediasi dan membubarkan warga yang memblokade jalan menuju rumah Ali Sugeng Dukuh  Ngrowo, Desa Japah supaya tidak terjadi bentrokan yang mengakibatkan korban.
Kericuhan hampir terjadi saat sejumlah warga sekitar lokasi menghadang para jamaah MTA yang akan melaksanakan pengajian pada pukul 15.00 WIB. Warga membuat barikade di depan lorong masuk menuju lokasi pengajian. Jarak dari lorong masuk menuju lokasi pengajian di rumah Ali Sugeng sekitar 100 meter. (21/03/2017)
Aksi warga yang menentang itu, menutupi jalan tersebut dengan cara berjejer di tengah jalan seperti halnya barikade. Para jemaah MTA yang akan melakukan penganjian tersebut dihalangi dan di perintahkan warga setempat untuk kembali kerumah masing-masing.
Pimpinan wilayah meliputi Camat Japah Kiswoyo, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Blora, Kepala Desa Japah, Kapolres Polres Blora AKBP Surisman, Kapolsek Japah AKP Daryoto, Dandim 0721 Blora Letkol Inf Susilo, mencoba berdialog dengan jemaah MTA dan warga Dukuh Ngrowo, Desa Japah.
Pertama mediasi dengan warga setempat tetapi gagal. Warga bersikukuh agar  jamaah MTA tidak boleh melakukan aktivitas pengajian dilingkungan RT 005 RW 002 Dukuh Ngrowo, Desa Japah dan mengharapkan untuk berpindah tempat.
Selanjutkan Kapolres Blora AKBP Surisman bersama Furkopimcam Japah mencoba mediasi dengan ketua MTA Cabang Blora Suradi, di rumah Ali Sugeng yang akan di tempati pengajian. Sempat terjadi perdebatan yang cukup rumit antara Kepolisian, Furkopimcam dengan jamaah MTA. Mereka beragumen bahwa aktivitas pengajian yang dilakukan tidak melanggar peratuan perundang-undangan. Ketua MTA Blora Suradi bersikukuh bahwa MTA sama halnya dengan ajaran Islam pada umumnya tetapi kenapa ditentang walau pun jamaah MTA adalah kaum minoritas.
Kapolres Blora AKBP Surisman mencoba menawarkan alternative lain untuk berpindah tempat yang aman dan segala sesuatunya akan di fasilitasi, tetapi para jamaah MTA terutama Ali Sugeng dan Suradi tetap menolak dan bersikukuh untuk megadakan pengajian dirumahnya.
Orang nomor satu di Polres Blora itu AKBP Surisman menegaskan bahwa Kepolisian Republik Indonesia (Polri) adalah representasi kehadiran negara dalam masyarakat. Hak warga melaksanakan ibadah harus dilindungi dan dijamin. Kapolres tidak menampik bahwa polisi harus menggunakan upaya paksa membubarkan suatu kegiatan yang diperkirakan akan menimbulkan kekacauan. Setelah memberikan pengertian dari pihak Kepolisian bersama Furkopimcam Japah akhirnya Ketua Cabang MTA Blora Suradi dan Ali Sugeng akhirnya memutuskan untuk tidak jadi melakukan pengajian dirumahnya dan setuju dengan hasil mediasi untuk berpindah tempat di rumah Sagimin yakni RT 008 RW 005 Dukuh Ngrowo, Desa Japah, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora. “Polres Blora menyarankan agar tempat pengajian dipindahkan, ditempat yang lebih nyaman,” tegas Kapolres Blora.

Situasi berjalan aman dan lancar sampai pukul 16.30 WIB, Kapolres AKBP meninggalkan rumah Ali Sugeng bersama Dandim 0721/Blora dan selanjutnya Camat Japah membubarkan massa yang masih bergerombol di depan lorong serta menghimbau warga untuk pulang kerumah masing-masing dengan menjaga situasi kamtibmas tetap terjaga kondusif. “Saudara-saudara tolong kembali ke rumah masing-masing, karena pengajian sudah dipindahkan ke tempat lain, mohon pengertiannya, terima kasih,” pungkas Kiswoyo Camat Japah. (adi sanrico/hms-resbla)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »